Jokowi: NU Terdepan Mencegah Siapapun yang Ingin Mengganti Dasar Negara...

Kompas.com - 27/02/2019, 18:48 WIB
Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Musyawarah Nasional Alim Ulama serta Konferensi Besar NU di Pondok Pesantren Al Azhar Citangkolo, Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019) siang. Fabian Januarius Kuwado/KOMPAS.comPresiden Joko Widodo saat menghadiri acara Musyawarah Nasional Alim Ulama serta Konferensi Besar NU di Pondok Pesantren Al Azhar Citangkolo, Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019) siang.

BANJAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengapresiasi Nahdlatul Ulama ( NU) yang berkontribusi besar dalam hal merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi ketika berpidato di acara Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar NU di Pondok Pesantren Al-Azhar Citangkolo, Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

"Sejarah membuktikan, NU selalu berada di garis terdepan. Bukan saja untuk merebut kemerdekaan. Tapi juga dalam menjaga keutuhan NKRI. Hubul wathan minal iman," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: NU Berkontribusi Besar dalam Perjuangan dan Menjaga NKRI

"NU juga selalu menjadi yang terdepan untuk mencegah siapapun yang ingin mengganti dasar negara kita, Pancasila, yang mencoba mempertentangkan Pancasila dengan Islam," lanjut dia.

Jokowi menambahkan, bagi NU, Pancasila merupakan solusi persoalan kebangsaan yang telah menjadi konsensus berbangsa dan bernegara semenjak Indonesia meraih kemerdekaan.

"Indonesia adalah negara kesepakatan yang membawa kita mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," lanjut dia.

Baca juga: Buka Munas Alim Ulama dan Konbes NU, Jokowi Ceritakan Konflik di Afganistan

Presiden Jokowi sekaligus membuka Munas serta Konbes NU 2019 pada penghujung pidato.

Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Hadir pula Ketua Umum PBNU Kiai Haji Said Agil Siradj dan Mustasyar NU Kiai Haji Ma'ruf Amin.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X