Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Diterjang Angin Kencang, 4 Desa di Sukabumi Diguyur Hujan Es

Kompas.com - 22/02/2019, 22:48 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Hujan es sempat turun beberapa saat sebelum akhirnya angin puting beliung menerjang Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019) sore.

Turunnya butiran es seukuran kelereng itu diakui sejumlah warga di beberapa kampung.

Berdasarkan data sementara dari Kecamatan Cicantayan, bencana angin puting beliung ini melanda empat desa, yakni Lembursawah, Cijalingan, Cimahi dan Cicantayan. Jumlah bangunan terdampak sedikitnya 50 unit rumah.

"Ya, tadi saat hujan deras disertai petir, juga ada hujan es seukuran kelereng. Setelah itu barulah ada angin kencang," kata Ipa Farida (29), salah satu warga kepada Kompas.com di Kampung Genteng, Desa Lembursawah, Jumat petang.

Dia menuturkan, sebelum terjadi angin kencang, ia sedang berada di dalam rumah. Sebab, saat itu hujan turun dengan deras disertai petir serta angin kencang.

"Mendengar suara berisik di atas genting, lalu keluar ternyata ada hujan es. Namun setelah itu angin bertiup sangat kencang, saya masuk lagi karena takut terbawa angin," kata Ipa.

Baca juga: Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang, Sejumlah Rumah Warga di Sleman Rusak

Enung Rohani (53), seorang pemilik warung di Kampung Kadupugur, Desa Cijalingan, juga mengaku sempat melihat ada butiran es seukuran kelereng turun bersamaan dengan hujan deras disertai angin kencang dan petir.

"Awalnya beberapa galon air yang kosong tertiup angin kencang hingga keluar. Lalu saya ambil, pas keluar warung kepala saya terasa ada yang berbeda air hujannya, ternyata hujan es," tutur Enung, pemilik warung di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Kadupugur.

Camat Cicantayan Sendi Apriyadi mengatakan, bencana angin puting beliung yang melanda wilayahnya terjadi di empat desa, yaitu Lembursawah, Cijalingan, Cimahi dan Cicantayan.

"Data sementara, jumlah rumah terdampak terbanyak ada di Desa Lembursawah. Sedikitnya 50 unit rumah terdampak," kata Sendi saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan singkat, Jumat malam.

Hingga saat ini, lanjut dia, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan aparat desa untuk mendata dan mengecek di beberapa lokasi terdampak.

"Alhamdulillah sampai saat ini dilaporkan tidak ada korban jiwa dan sebagian rumah terdampak sudah ditangani," pungkas Sendi.

Baca juga: Sukabumi Dilanda Hujan Es hingga Puting Beliung, Lebih dari 100 Rumah Rusak

Diberitakan sebelumnya angin puting beliung merusak rumah milik warga di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/2/2018) sekitar pukul 15.00 Wib. Selain merusak rumah, sejumlah pohon juga ikut tumbang.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di salah satu lokasi terdampak yaitu di Dusun Bantarkaret, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, terdapat beberapa rumah tertimpa pohon tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com