Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap Kurir yang Hendak Selundupkan Sabu di Selangkangan Via Bandara di Palembang

Kompas.com - 22/02/2019, 16:58 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 PALEMBANG, KOMPAS.com Sebanyak 5,8 kilogram narkoba jenis sabu diamankan dari tujuh kurir yang tertangkap, salah satunya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan.

Tujuh kurir yang tertangkap tersebut ialah Rizki, Eka Chandra Hidayatullah, Nova Nuryana, Ribut Haryanto, Asep Erik Mulyana, Diki Pernama, dan Dedek Enjang. Semua tersangka tersebut tercatat sebagai warga Jawa Barat.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan Kombes Farman mengatakan, penangkapan bermula ketika petugas Avsec Bandara SMB II mencurigai pelaku Eka Chandra yang hendak terbang menuju Surabaya terlihat memakai celana yang begitu besar. 

Baca juga: Hendak Nonton Bola di Jakabaring Palembang, Pelajar SMP Dirampok

Eka kala itu berkilah jika sedang terkena penyakit ambeien. Petugas Avsec SMB II pun langsung memeriksa pelaku dan ditemukan satu gumpalan plastik warna kuning yang ternyata berisi sabu di selangkangan.

"Satu paket besar sabu itu diselipkan di selangkangan pelaku. Dari Eka kami langsung lakukan pengembangan," kata Farman, saat gelar perkara di Mapolda Sumsel, Jumat (22/2/2019). 

Dari penangkapan Eka, petugas kembali bergerak dan menangkap enam pelaku lain di Stasiun Kertapati, Palembang, saat hendak menuju Lampung. 

"Di stasiun kami juga mendapatkan tersangka dan barang bukti sabu. Setelah diinterogasi, Eka kembali mengakui jika ada tiga paket lagi yang dibuang di tong sampah toilet bandara. Total ada 5,8 kilogram sabu yang diamankan," ujarnya. 

Berdasarkan keterangan Eka, sabu tersebut hendak dibawa ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk diedarkan. Satu pelaku atas nama Darman sempat lolos dan tiba di Sulawesi Tenggara.

"Satu pelaku atas nama Darmawan ditangkap Polda Sulawesi Tenggara. Dia membawa 4,1 kilogram sabu," ujarnya.

Baca juga: Misteri Pembunuhan Ketua Waria Palembang, Dugaan Pelaku Orang Dekat hingga Hilangnya Harta Korban

Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara mengaku terkejut jika narkoba dalam jumlah banyak tersebut ternyata dibawa dari Palembang.

Menurut Zulkarnain, dari hasil pengembangan, pelaku telah lima kali mengirim sabu dari Palembang untuk wilayah timur.

"Ini aksi mereka yang kelima. Semuanya lolos dari bandara. Modusnya sama disimpan di selangkangan. Sekarang pemiliknya di Palembang masih kami kejar," ungkap Zulkarnain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com