Debat Kedua, Jokowi seperti Ungkapkan LPJ, Prabowo seperti Orasi

Kompas.com - 22/02/2019, 11:08 WIB
Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww. ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAYCapres nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Penulis Devina Halim
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dinilai seperti sedang menjabarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) saat debat kedua.

Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai seperti sedang berorasi.

Hal itu diungkapkan Manajer Pemantau Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Alwan Ola Riantoby saat acara diskusi di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019).

"Jokowi seperti laporan pertanggung jawaban, Prabowo orasi. Debat pertama juga kan gitu, terorisme dan lain-lain, saya lihat cuma paparan-paparan konsep," ungkap Alwan.

Baca juga: Polemik yang Tersisa dari Debat Kedua...

Ia menjelaskan, data yang digunakan Jokowi merupakan capaiannya selama mendapuk sebagai pimpinan negara.

Di sisi lain, Prabowo dikatakannya seperti berorasi karena tak menghadirkan data untuk memunculkan pembanding dari data yang diungkapkan Jokowi.

Alwan pun menyarankan kubu Prabowo menggunakan data dari organisasi non-pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang tak selalu sejalan dengan data pemerintah.

Selain dapat mengimbangi data yang disampaikan Jokowi sebagai petahana, langkah itu juga dinilai dapat memberi pendidikan politik kepada publik.

Baca juga: Catatan dari Debat Kedua Pilpres, dari Teknis hingga Substansi...

"02 harusnya bisa memanfaatkan data dari teman-teman NGO dan CSO, dari pegiat lingkungan, dari agraria, saya kira mereka miliki data tidak selamanya linier dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah, ini bisa jadi second opinion, bisa dimunculkan sebagai pendidikan politik," terangnya.

Debat kedua pilpres digelar Minggu (17/2/2019) malam, dengan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Dalam debat itu hanya calon presiden yang beradu argumen, program, dan gagasan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X