Disebut Tak Lolos "Parliamentary Threshold", Sekjen Bilang Kekuatan PAN Ada di Figurnya

Kompas.com - 21/02/2019, 11:32 WIB
Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno seusai pertemuan dengan Tim Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di rumah pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (8/10/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOSekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno seusai pertemuan dengan Tim Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di rumah pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (8/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional ( PAN) Eddy Soeparno tidak ambil pusing dengan hasil survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang menyebut PAN belum lolos parliamentary threshold.

Eddy mengatakan kekuatan PAN dalam Pemilihan Legislatif 2019 ini ada pada figur calegnya.

"Memang kalau dilihat identitas partai, ya mungkin identitas partai tidak cukup kuat daripada identitas caleg-calegnya. Jadi orang memilih caleg PAN itu karena figurnya, ketokohannya, bukan karena dia berasal dari PAN," ujar Eddy ketika dihubungi, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Tiga Teratas Survei LSI: PDI-P, Gerindra, Golkar

Eddy sendiri tidak mempercayai hasil survei yang dilakukan sebelum pemilu 2019 ini. Kata dia, selama ini PAN juga sering diprediksi tidak lolos parlemen pada pemilu-pemilu sebelumnya. Namun pada akhirnya PAN selalu masuk ke parlemen.

"Oleh karena itu sekarang saya sih berkeyakinan kami lolos parliamentary threshold," kata dia.

LSI Denny JA merilis hasil survei elektabilitas partai-partai di Pileg 2019. Survei tersebut dilakukan pada 18-25 Januari 2019 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia dengan margin error 2,8 persen.

Baca juga: Survei LSI Denny JA di 6 Kantung Suara: 5 Dikuasai PDI-P, Gerindra Kuasai 1

Berdasarkan survei ini, beberapa partai diprediksi tidak masuk parlemen karena suaranya di bawah 4 persen.

Berikut daftar elektabilitas partai nasional di Pileg 2019 sesuai hasil survei LSI:

1. PDI-P: 23,7 persen

2. Partai Gerindra: 14,6 persen

3. Partai Golkar: 11,3 persen

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X