PAN Yakin Dukungan Gubernur Riau ke Jokowi Tak Ganggu Elektabilitas Prabowo-Sandi

Kompas.com - 21/02/2019, 10:42 WIB
Gubernur Riau Syamsuar usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinGubernur Riau Syamsuar usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2/2019).
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno meyakini dukungan Gubernur Riau, Syamsuar kepada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak memengaruhi elektabilitas capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut dia, pilihan politik seorang gubernur tidak banyak berpengaruh pada pilihan rakyatnya.

"Baik gubernur Riau, gubernur Jabar, gubernur Jateng, gubernur Jatim, gubernur itu tidak mampu menurut saya menentukan arah pertarungan politik pilpres itu dengan serta merta," ujar Eddy ketika dihubungi, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Diusung PKS dan PAN, Gubernur Riau Syamsuar Dukung Jokowi

Eddy yakin masyarakat akan memilih berdasarkan pertimbangan mereka sendiri. Bukan berdasarkan ajakan dari gubernurnya.

Eddy mengatakan, elektabilitas Prabowo-Sandiaga sudah kuat di Provinsi Riau. Dia yakin dukungan Syamsuar tidak banyak berpengaruh.

"Kita sudah cek beberapa kali, Riau itu kita merasa sangat kuat posisinya Prabowo-Sandi karena memang di akar rumput itu mesin politik kita kuat sekali jaringannya," ujar Eddy.

Baca juga: Jokowi: Kalau Ada yang Ragu Pembangunan 191.000 Km Jalan Desa, Silahkan Ukur Sendiri

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menyatakan dukungannya untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019.

Hal ini disampaikan Syamsuar kepada wartawan seusai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

"Saya berharap beliau bisa dua periode," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, Presiden Jokowi sudah banyak berkontribusi untuk Riau selama 4,5 tahun kepemimpinannya, dari segi pembangunan infrastruktur hingga reformasi agraria.

Baca juga: Jokowi Mengaku Tak Salahkan Prabowo soal Penguasaan Lahan Ratusan Ribu Hektar

"Misalnya seperti tadi, kan jalan tol ke Padang belum selesai. Kan program beliau tol Sumatera. Kemarin saya dapat informasi lagi nanti ada tol Riau ke Jambi. Pekerjaan-pekerjaan ini kan masih perlu dilanjutkan," kata Syamsuar.

Syamsuar diusung oleh Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional saat maju di pemilihan gubernur Riau 2018 bersama Edy Natar Nasution.

PKS dan PAN merupakan partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sementara Nasdem mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X