Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Usia Ideal Anak Punya Akun Instagram?

Kompas.com - 20/02/2019, 22:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Instagram adalah aplikasi berbagi gambar dan video. Pengguna dapat mengunggah konten dan menggunakan tagar untuk berbagi gambar, cerita, atau kenangan dengan komunitas daring.

Kita dapat mengikuti teman, keluarga, dan selebritas melalui Instagram. Instagram juga memungkinkan penggunanya  melakukan siaran video secara langsung.

Banyak orangtua bertanya, berapa usia ideal anak untuk memiliki akun di Instagram? Tak heran, sebab banyak anak di bawah umur sudah memiliki akun instagram karena ketidaktahuan orangtua tentang fungsi dan dampak aplikasi tersebut.

Berdasarkan panduan penggunaan Instagram yang ada situs resmi, aplikasi tersebut direkomendasikan untuk anak berusia di atas 13 tahun.

Baca juga: 4 Langkah Membangun Literasi Digital Sehat Dalam Keluarga

Namun, sebanyak 2.049 orangtua yang menjadi panel di Net Aware merekomendasikan usia 14 tahun ke atas untuk menggunakan Instagram. Net Aware merupakan organisasi keselamatan berinternet untuk anak-anak di Inggris.

Lantas, apa pandangan anak-anak tentang Instagram? Dikutip dari Net-Aware.org, hanya sebanyak 9 persen dari anak-anak dan remaja yang meninjau Instagram merasa aplikasi tersebut kurang aman.

Hal yang tidak disukai dari Instagram:

  • Orang yang tidak dikenal dapat mengomentari unggahan, mengirim pesan atau "mengikuti".
  • Terkadang dapat melihat unggahan yang mengganggu atau tidak pantas.
  • Orang-orang dapat menulis komentar yang bersifat perundungan dan intimidasi pada unggahan.

Hal yang disukai dari Instagram:

  • Dapat melihat apa yang dilakukan teman, keluarga, dan selebritas yang dikagumi.
  • Mudah berkomunikasi dengan teman-teman
  • Dapat memperoleh informasi baru, dan belajar hal baru
  • Dapat Memposting foto dan video dengan cara yang kreatif

Dalam hal konten, Net aware menempatkan Instagram memiliki risiko sedang dalam hal munculnya potensi kekerasan, penggunaan narkoba dan minuman beralkohol. Namun untuk risiko pelecehan seksual dan perundungan, mereka menempatkan pada risiko tinggi.

Oleh karena itu, orangtua harus turut memantau anak dalam menggunakan akun Instagram. Pastikan anak berada pada usia layak menggunakan aplikasi tersebut.

Selain itu, Instagram juga telah dilengkapi fitur panduan bagi orang tua. Jadi sebaiknya orangtua membaca panduan tersebut sebelum mendampingi putra-putri dalam berinstagram ria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com