Kompas.com - 16/02/2019, 19:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan, Prabowo sangat santai menghadapi debat kedua yang akan berlangsung pada Minggu (17/2/2019) malam.

"Prabowo sangat santai menghadapi debat kedua, Sabtu pagi beliau senam bersama 1.000 ibu-ibu di Hambalang," kata Sudirman di Media Center Prabowo-Sandi, di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Baca juga: Jokowi Siap Paparkan Capaian Pemerintah di Debat Kedua

Menurut dia, Sabtu malam ini kemungkinan Prabowo akan berdiskusi dengan beberapa pihak terkait tema debat menyangkut energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Lalu, besok pagi Prabowo bersama juru debat dan juru bicara akan melakukan workshop.

Workshop itu digelar untuk menyamakan persepsi agar ketika memberikan pernyataan di media, yang disampaikan tidak keluar dari konteks visi-misi dan program Prabowo-Sandi.

"Persiapan kami sangat baik," ujarnya.

Sudirman mengaku tugasnya sebagai Direktur Materi Debat BPN Prabowo-Sandi ringan karena Prabowo sangat cerdas dalam memahami persoalan yang diangkat dalam debat kedua kali ini.

Ketika dirinya memberikan pancingan terkait materi debat, Prabowo sudah memiliki database dan visi misi yang kuat.

"Saya memberi stimulus dan selebihnya capres yang mengolah," kata mantan Menteri ESDM era Jokowi ini.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Diminta Fokus pada Tiga Hal Ini dalam Debat Kedua

Sudirman menambahkan, ada perbedaan yang mencolok antara debat pertama dan kedua.

Dia mengatakan di debat pertama, pihaknya sangat sulit mencari ahli untuk membantu memberikan masukan ketika jelang debat.

"Namun di debat kedua ini, banyak dosen memberikan masukan secara sukarela. Ada gelombang besar, semangat untuk membekali capres dari berbagai pihak," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.