Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewati Area Latihan Tempur TNI, Tol Probowangi Gunakan "Tunnel"

Kompas.com - 15/02/2019, 23:12 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan, akan membangun terowong atau tunnel di area latihan tempur milik TNI Angkatan Laut yang akan dilewati jalur Tol Probolinggo- Banyuwangi (Probowangi).

“Untuk pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi sudah dalam proses. Penyelesaian salah satunya ada area latihan tempur yang akan dilalui,” terang Rini saat berkunjung ke Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (15/2/2019).

Rini mengatakan, beberapa waktu lalu, pihaknya telah menggelar rapat bersama tim dari Kementerian PUPR, dan Panglima TNI untuk membahas jalur Tol Probowangi yang akan melalui latihan tempur.

“Sudah ada solusinya, kita bangun tunnel karena itu solusi paling baik dan efisien,” ucapnya.

Baca juga: Lagi, Jasa Marga Dapat Pinjaman Rp 2,52 Triliun untuk Tol Probowangi

Ditargetkan pembangunan ruas Tol Probowangi akan selesai di awal 2021. Tol tersebut merupakan lanjutan pembangunan ruas Tol Trans Jawa bagian ujung timur. Jika rampung, maka tol tersebut akan menyambungkan Probolinggo, Besuki, Situbondo dan Banyuwangi.

“Doanya saja semoga lancar dan rampung sesuai target,” ujar Rini.

Dari data yang dihimpun, selama empat tahun terakhir, pemerintah telah membangun ruas Tol Trans Jawa sepanjang 650 kilometer. Jika keseluruhan Tol Trans Jawa sudah rampung, maka panjangnya mencapai sekitar 1.150 kilometer, mulai dari Merak sampai Banyuwangi.

Baca juga: Bank Mandiri Ikut Sindikasi Dana Talangan Tanah Tol Probowangi Rp 1 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com