Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2019, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pencetakan surat suara pemilu mencapai lebih dari 360 juta lembar, dari total 939.879.651 yang harus dicetak.

Surat suara yang sudah tercetak itu akan langsung didistribusikan ke provinsi dan kabupaten/kota.

"Kami sudah mencetak 360 juta lebih dan akan didistribusikan ke provinsi dan daerah tertentu," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/2/2019).

Baca juga: KPU Jakarta Selatan Terima 522.000 Surat Suara untuk DPR RI

Menurut Ilham, surat suara yang sudah tercetak langsung didistribusikan ke daerah-daerah terluar yang jauh dari titik pencetakan.

Sejumlah daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, hingga beberapa wilayah di Papua, saat ini sudah terdistribusi surat suara.

Sementara surat suara untuk daerah-daerah yang dekat dengan lokasi percetakan sampai saat ini belum dicetak.

"Ada juga daerah-daerah yang belum dicetak sama sekali, karena daerah-daerah tersebut daerah yang memang kami anggap dekat, seperti Yogyakarta, secara geografis juga tak ada masalah, jadi itu kami belakangkan," ujar Ilham.

Ilham menambahkan, proses pencetakan surat suara sudah melebihi target yang harus dicetak per hari. Hal ini dinilai sebagai langkah positif.

Diharapkan, tak ada masalah yang terjadi selama proses pencetakan.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Boleh Didampingi Saat Mencoblos Surat Suara

Surat suara akan diproduksi sejumlah 939.879.651 lembar. Jumlah ini mencakup lima jenis surat suara, yaitu surat suara calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD.

Ditargetkan, 17 Maret 2019 surat suara pemilu sudah sampai di seluruh kabupaten/kota. Selanjutnya, 17 Maret-19 April 2019 akan digunakan untuk menyortir, melipat, dan mengepak surat suara untuk didistribusikan ke TPS.

Kompas TV Jelang pemilu, KPU sudah menyiapkan kotak surat suara berbahan kardus atau karton. Kotak ini mampu menahan beban hingga 100 kilogram dan tahan terhadap air. Jadi tidak perlu khawatir akan basah. Kotak surat suara berbahan karton atau kardus ini sudah digunakan beberapa kali dalam pemilihan umum. Jadi gimana, lebih kuat mana kira-kira? Kotak surat suara atau hatimu?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.