Politisi Golkar Prediksi Jokowi Bakal Diserang soal Lingkungan di Debat Kedua

Kompas.com - 14/02/2019, 20:27 WIB
Presiden Joko Widodo berdialog dengan pelaku UMKM nasabah Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019). Menurut Presiden Joko Widodo, untuk menjalankan usaha secara sukses dibutuhkan tiga hal yaitu jujur, disiplin dan kerja keras. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz.ANTARA/Akbar Nugroho Gumay Presiden Joko Widodo berdialog dengan pelaku UMKM nasabah Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019). Menurut Presiden Joko Widodo, untuk menjalankan usaha secara sukses dibutuhkan tiga hal yaitu jujur, disiplin dan kerja keras. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz.

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Golkar Hetifah Sjaifudian memprediksi calon presiden petahana Joko Widodo akan banyak diserang terkait isu lingkungan hidup dalam debat kedua.

Hal itu disampaikan Hetifah dalam diskusi terkait tema debat kedua di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Debat kedua diketahui bertemakan pangan, energi, lingkungan hidup, Sumber Daya Alam (SDA), dan infrastruktur.

Baca juga: Ketum Golkar Sebut Jokowi Bakal Ungguli Prabowo di Debat Kedua


"Tahun ini saja ada 487 izin pinjam pakai dimana hutan-hutan boleh dialihfungsikan menjadi tambang. Bagaimana menjawab ini. Ini mungkin dipertanyakan kenapa Pak Jokowi membiarkan bahkan deforestasi terjadi," ujar Hetifah.

Selain itu, menurut dia hal lain terkait isu lingkungan yang akan dipertanyakan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto kepada Jokowi ialah soal lubang sisa pertambangan yang kerap merenggut nyawa anak-anak di Kalimantan.

Ia mencatat hingga saat ini sudah ada 13 anak yang meninggal dunia akibat terperosok ke dalam lubang bekas pertambangan.

Baca juga: Moeldoko Prediksi Debat Kedua Lebih Seru Dibandingkan Debat Pertama

Selain itu, minimnya penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan lingkungan di era Jokowi diprediksi juga akan menjadi pertanyaan bagi Prabowo.

"Jokowi ke depan harus tunjukkan keberanian dalam rangka penegakan hukum pada pelaku kejahatan lingkungan," lanjut dia.

"Sebab sering kali di dalam program Pak Jokowi ini beliau dikritik bahwa Pak Jokowi ini melakukan pembiaran terhadap perusakan lingkungan yang diakibatkan oleh berbagai program itu. Nah ini mungkin nanti kita harus mencari cara menjelaskan," lanjut dia.

Debat kedua Pilpres 2019 akan digelar pada Minggu (17/2/2019). Adapun tema debat kedua terdiri dari energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat kedua hanya diikuti oleh kedua calon presiden.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X