Caleg Terpopuler di DKI: Imam Nahrawi, Tsamara Amany, Yusril Ihza Mahendra

Kompas.com - 12/02/2019, 09:54 WIB
Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Charta Politika menunjukkan, beberapa nama calon anggota legislatif ( caleg) pendatang baru tampak melejit dari segi popularitas di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I, DKI Jakarta II, dan DKI Jakarta III.

Survei tersebut dilakukan terhadap 800 responden di masing-masing dapil, pada 18-25 Januari 2019.

Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjadi yang terpopuler di dapil DKI Jakarta I, yang meliputi Jakarta Timur.

"Jadi di DKI I yang paling dikenal, yang paling tinggi tingkat pengenalannya adalah Imam Nahrawi, 51,8 persen," ujar Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Menerka Pertarungan Caleg di DKI Jakarta...

Kemudian, Imam diikuti dengan caleg Partai Gerindra Habiburokhman dengan popularitas sebesar 31,7 persen. Selanjutnya, caleg PDI Perjuangan Putra Nababan memperoleh 26,7 persen, dan caleg Partai Nasdem Wanda Hamidah memperoleh 26,3 persen.

Di dapil DKI Jakarta II, yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri, caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany menjadi yang paling populer dengan perolehan 26,4 persen.

Setelah Tsamara, caleg petahana dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengekor dengan tingkat popularitas 25,3 persen, dan caleg petahana Partai Gerindra Biem Triani Benjamin dengan 23,6 persen.

Baca juga: Survei Charta Politika: PDI-P dan Gerindra Unggul di Dapil DKI Jakarta I, II, dan III

Terakhir, untuk dapil DKI Jakarta III, yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu, caleg Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menjadi yang terpopuler.

Yusril memperoleh tingkat keterkenalan sebesar 58,8 persen, yang kemudian dibuntuti caleg petahana PDI-P Charles Honoris dengan perolehan 53 persen.

Masih di dapil DKI Jakarta III, caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Abraham 'Lulung' Lunggana memperoleh 52,9 persen, dan caleg sekaligus Ketua Umum PSI Grace Natalie Louisa memperoleh 50,5 persen dari segi popularitas.

Baca juga: Survei Charta Politika: Caleg Pendatang Baru Populer, tetapi Elektabilitas Caleg Petahana Unggul

Kendati demikian, Muslimin mengingatkan bahwa tingkat popularitas tak selalu sejalan dengan elektabilitas calon.

"Populer itu penting tapi ternyata popularitas tak jamin jadi (terpilih)," tuturnya.

Survei ini dilaksanakan pada 18-25 Januari 2019 dan melibatkan 800 responden untuk setiap dapil, yang dipilih dengan cara multistage random sampling.

Baca juga: Survei Charta Politika: Toleransi Masyarakat terhadap Politik Uang Masih Tinggi

Charta Politika menggunakan metode wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur (structured interview).

Margin of error survei ini di setiap dapil adalah kurang lebih 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X