Kalla Sebut Stok Darah Nasional Capai 97 Persen - Kompas.com

Kalla Sebut Stok Darah Nasional Capai 97 Persen

Kompas.com - 11/02/2019, 18:01 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka Mukernas PMIIstimewa Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka Mukernas PMI

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden yang juga Ketua Palang Merah Indonesia ( PMI) Jusuf Kalla mengatakan, stok darah nasional saat ini mencapai 97 persen.

Hal itu disampaikan Kalla saat membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI 2019 di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta, Senin (11/2/2019).

"Saya kira jauh lebih baik dewasa ini. Bahwa kita sudah bisa mencapai 97 persen. Hanya 3 persennya dilakukan sukarela. Dan itu memang selalu ada ketersediaan daripada keluarga-keluarga. Tapi 97 persen itu dapat disuplai oleh Palang Merah Indonesia," kata Kalla.

Kalla mengatakan, karena stok darah nasional sudah mencapai 97 persen, ia memastikan tak ada kekurangan dan PMI siap mendistribusikan kepada yang membutuhkan.

Ia menyebutkan, semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia maka semakin meningkat pula kebutuhan stok darah nasional. Oleh karena itu, PMI harus bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kalau 10 tahun penduduk Indonesia hanya 220 juta (penduduk), sekarang 260 juta. Tiap tahun bertambah sehingga kebutuhan darah semakin banyak, dan juga pengoperasian akan makin baik," ujar Kalla.

"Tentunya membuat Mukernas hari ini tentu membahas apa yang akan kita lakukan dan mengevaluasi apa yang akan kita lakukan," lanjut dia.



Close Ads X