KPU: Persiapan Debat Kedua Pilpres Capai 85 Persen

Kompas.com - 11/02/2019, 15:21 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra di sela kunjungan pencetakan surat suara perdana di PT Aksara Grafika Pratama, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra di sela kunjungan pencetakan surat suara perdana di PT Aksara Grafika Pratama, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Ilham Saputra mengatakan, persiapan debat kedua Pemilihan Presiden 2019 sudah mencapai 85 persen.

Kesiapan ini meliputi teknis di lokasi debat, serta penyusunan pertanyaan debat oleh panelis.

"Tentang kesiapan kita sudah ngecek ke lokasi di Hotel Sultan. Prinsipnya kita sudah siap terkait dengan teknis," kata Ilham di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

"Saya kira sudah 85 persen kita sudah siap untuk melaksanakan pelaksanaan debat yang kedua ini," sambungnya.


Saat ini, persiapan debat masih dalam tahap penyusunan pertanyaan oleh panelis.

Baca juga: Anisha Dasuki Prediksi Isu Lingkungan Akan Jadi Perhatian di Debat Kedua

Ke-tujuh panelis debat telah bekerja sejak Jumat (8/2/2019). Mereka masih akan bekerja beberapa hari ke depan untuk menyelesaikan daftar pertanyaan, sebelum nantinya diserahkan ke moderator. 

"Nanti terakhir kita akan undang lagi panelis dengan moderator, nanti kemudian pertanyaan-pertanyaan ini diberikan (ke moderator), baru kemudian nanti kita tanyakan hari h tanggal 17 Febuari," ujar Ilham.

Baca juga: Jokowi Bakal Jelaskan soal Pembangunan Manusia dalam Debat Capres

KPU telah melakukan antisipasi kebocoran soal debat dengan melakukan penandatanganan pakta integritas oleh panelis dan moderator. Panelis dan moderator diminta untuk tak menyampaikan daftat pertanyaan ke siapapun.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Format Debat Kedua Pilpres 2019



Terkini Lainnya


Close Ads X