Khofifah-Emil Dardak dan Gubernur Jambi Dilantik Rabu Pekan Ini - Kompas.com

Khofifah-Emil Dardak dan Gubernur Jambi Dilantik Rabu Pekan Ini

Kompas.com - 11/02/2019, 12:03 WIB
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2018, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, di Studio Kompas TV, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/Wisnu Nugroho Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2018, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, di Studio Kompas TV, Rabu (7/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak, dipastikan bakal dilantik pada Rabu (13/2/2019) pukul 15.00 WIB.

Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat ditemui di sela acara Rapat Koordinasi Bidang Kehumasan dan Hukum Seluruh Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah meluangkan waktunya untuk melantik pasangan Khofifah-Emil.

"Maka tanggal 13 (Februari), atas arahan presiden, waktunya ada, jam 3 sore sementara," kata Tjahjo.

Baca juga: Khofifah, Emil, Kiai Asep, dan Dahlan Iskan Batal Masuk Timses Jokowi

Ia menjelaskan bahwa tanggal tersebut dipilih karena masa jabatan gubernur tidak boleh dikurangi satu hari pun.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wagub Saifullah Yusuf akan berakhir pada 12 Februari 2019.

Hal yang penting, kata Tjahjo, agar kepala daerah terpilih dapat segera bekerja.

Selain Khofifah-Emil, Presiden dijadwalkan akan melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Gubernur untuk menggantikan Zumi Zola yang kasusnya sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Baca juga: Pelantikan Khofifah-Emil Menunggu Jadwal Pasti dari Jokowi

"(Pelantikannya) bersamaan dengan Jambi, yang Zumi Zola sudah inkrah, maka wakilnya kita tetapkan sebagai gubernur," jelas Tjahjo.

Seperti diketahui, Zumi Zola telah dinyatakan bersalah karena terbukti menyuap 53 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, serta menyuap para anggota Dewan senilai total Rp 16,34 miliar.

Suap tersebut diberikan agar pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2017 (RAPERDA APBD TA 2017) menjadi Peraturan Daerah APBD TA 2017.


Terkini Lainnya


Close Ads X