Cerita Jokowi soal Keberhasilan Dana Desa... - Kompas.com

Cerita Jokowi soal Keberhasilan Dana Desa...

Kompas.com - 10/02/2019, 19:55 WIB
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri Deklarasi Alumni Trisakti Pendukung Jokowi di Jakarta, Sabtu (9/2/2019). Alumni Trisakti Pendukung Jokowi
mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan capres-cawapres Joko Widodo-Maruf Amin pada Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri Deklarasi Alumni Trisakti Pendukung Jokowi di Jakarta, Sabtu (9/2/2019). Alumni Trisakti Pendukung Jokowi mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan capres-cawapres Joko Widodo-Maruf Amin pada Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menceritakan keberhasilan dana desa di hadapan alumni SMA Jakarta yang baru saja mendeklarasikan dukungan untuknya. Jokowi mengatakan dana desa sudah digelontorkan Rp 297 triliun sampai saat ini.

Dana tersebut telah digunakan untuk membangun banyak infrastruktur di desa-desa.

"Sampai akhir 2018 kemarin telah terbangun 191.000 kilometer jalan di desa-desa. Jadi bukan hanya yang gede-gede kayak jalan tol, pelabuhan, tetapi yang kecil juga dapat perhatian," ujar Jokowi di Istora Senayan, Minggu (10/2/2019).

Baca juga: Jokowi: Mereka Pikir Saya Ini Penakut dan Tidak Berani!

Dengan dana desa, kata Jokowi, jembatan-jembatan kecil di desa sudah dibangun bahkan mencapai 1,1 juta meter. Sebanyak 6.900 pasar juga telah dibangun di desa-desa.

Jokowi juga mengklaim sebanyak 58.000 unit irigasi sudah dibuat di sawah-sawah. Dia mengatakan, pekerjaan-pekerjaan seperti ini yang sedang diperjuangkan. Jokowi ingin masyarakat optimistis melihat masa depan negara.

Dia pun menyinggung ujaran-ujaran pesimistis terhadap negara akhir-akhir ini. Ujaran pesimistis itu sempat disampaikan oleh calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

"Jangan sampaikan Indonesia bubar 2030. Jangan sampaikan Indonesia akan punah. Kalau mau bubar, mau punah, silakan bubar dan punah sendiri. Jangan ajak ajak kita," ujar Jokowi.

"Kita tidak mau pesimis. Kita tidak mau bubar. Kita tidak mau punah," tambah dia.


Terkini Lainnya


Close Ads X