Panelis Mulai Susun Daftar Pertanyaan Debat Kedua Pilpres

Kompas.com - 08/02/2019, 23:57 WIB
Komisioner KPU Ilham Saputra KOMPAS.com/Fitria Chusna FarisaKomisioner KPU Ilham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.com - Panelis debat kedua pilpres mulai menyusun daftar pertanyaan debat malam ini. Direncanakan, 7 panelis bekerja selama 3 hari ke depan.

"Mereka mulai kerja malam ini sampai Minggu pagi," kata Komisioner KPU Ilham Saputra saat ditemui di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

KPU menegaskan, tidak akan ikut campur dalam proses penyusunan pertanyaan debat.

Ketua KPU Arief Budiman mengharapkan, panelis dapat menyusun sekurang-kurangnya 5 pertanyaan debat setiap tema.


Ditargetkan, daftar pertanyaan selesai disusun paling lambat dua hari sebelum debat atau 15 Febuari 2019.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 8 Panelis Debat Kedua Pilpres 2019

"Sebenarnya sampai dimulainya debat, (daftar pertanyaan debat) masih bisa (disusun). Tetapi karena KPU harus menyiapkan hal-hal teknis, KPU membutuhkan waktu menyelesaikannya," ujar Arief.

Sebelum menyusun pertanyaan, panelis sudah lebih dulu dipertemukan dengan sejumlah pihak terkait tema debat kedua melalui Focus Group Discussion (FGD).

Pihak-pihak terkait itu misalnya, pegiat lingkungan hidup, WALHI, NGO golongan hutan, kelompok penyelam, hingga pegiat SDA.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X