PoliticaWave: Sepanjang Debat Pertama, Jokowi-Ma'ruf Lebih Banyak Dibicarakan Netizen

Kompas.com - 07/02/2019, 21:28 WIB
Pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendominasi percakapan di media sosial usai debat pertama.

Berdasarkan rilis analisis data PoliticaWave, percakapan soal Jokowi-Ma'ruf mencapai 55 persen dari total 675.885 percakapan soal debat Pilpres 2019. Sementara itu percakapan soal pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapai 45 persen.

"Total percakapan debat Pilpres mencapai 675.885. Jokowi-Ma'ruf 55 persen, Prabowo-Sandiaga 45 persen," ujar Direktur Eksekutif Politica Wave saat memaparkan rilis di Cikini, Menteng, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Baca juga: Survei LSI Setelah Debat Pertama: Jokowi 54,8 Persen, Prabowo 31 Persen

Jokowi-Ma'ruf juga mengungguli Prabowo-Sandiaga dalam semen positif pada percakapan di media sosial. Jokowi-Ma'ruf memperoleh sentimen positif sebesar 82,5 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh 75,8 persen sentimen positif.

Ia menambahkan, debat pertama mampu menarik perhatian netizen secara masif. Hal itu terlihat dari lonjakan jumlah percakapan.

Sebelum debat percakapan mengenai Pilpres 2019 tercatat sebanyak 257.000 percakapan. Sementara itu total percakapan mengenai Pilpres 2019 saat debat berlangsung mencapai 675.885.

Baca juga: BPN Sebut Sumbangan Kampanye Prabowo-Sandiaga Meningkat Berkat Debat Pertama

"Karena itu dari sini terlihat debat memengaruhi pemilihan presiden karena terjadi lonjakan yang cukup besar (percakapan dari sebelum debat hingga saat debat)," lanjut dia.

Rilis di atas dilakukan PoliticaWave dengan mengumpulkan data secara "real time" dari berbagai media sosial yang ada di Indonesia, yakni Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, forum online dan portal berita.

PoliticaWave sebelumnya menyaring data secara real time dengan mengeluarkan akun robot dari data dan analisa. Data yang diambil dari unggahan mengandung kata kunci terkait Jokowi, Ma’ruf, Prabowo dan Sandiaga sepanjang debat pertama berlangsung, 17 Januari 2019.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X