Kubu Jokowi Kecewa KPU Tak Tunjuk Panelis dari Indonesia Timur

Kompas.com - 06/02/2019, 18:26 WIB
Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Lukman Edy Ketika Ditemui di Jakarta, Rabu (16/8/2017). KOMPAS.com/ MOH NADLIR Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Lukman Edy Ketika Ditemui di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf kecewa Komisi Pemilihan Umum ( KPU) tak menunjuk panelis debat dari Indonesia Timur.

Menurut Wakil Direktur Bidang Saksi TKN, Lukman Edy, sebelum delapan panelis ditetapkan, pihaknya telah meminta KPU merekrut akademisi dan ahli dari Indonesia Timur. Tetapi, permintaan itu tak diakomodir KPU.

"Kami sudah usulkan mengundang panelis dari Universitas Cendrawasih (Papua), Hasanudin (Makassar), atau Sam Ratulangi," kata Lukman usai rapat persiapan debat kedua pilpres di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Lukman mengatakan, panelis dari Indonesia Timur sejatinya penting untuk debat kedua. Sebab, hal ini relevan dengan tema debat yaitu energi, infrastruktur, pangan, lingkungan hidup dan SDA.

Baca juga: Debat Capres-Cawapres untuk Siapa?

"Jadi wajar kita usul panelis adalah dari perguruan tinggi, ahli dari (Indonesia) Timur. Tapi ini blm diakomodir," katanya.

Selain soal panelis, TKN juga kecewa lantaran KPU masih membatasi durasi waktu kandidat menjawab pertanyaan dalam debat, yaitu 1 dan 2 menit.

Menurut Lukman, waktu 1 dan 2 menit tak cukup bagi kandidat untuk menyampaikan penjelasan.

"Kami menilai masih terlalu pendek waktunya, tidak memberi kesempatan kepada paslon untuk eksplor jawabannya, sehingga memberikan edukasi lebih kepada masyarakat," tutur dia.

Baca juga: Kedua Capres Dinilai Perlu Membahas Simpang Siur Data Dasar di Debat Kedua

Terlepas dari hal itu, TKN tetap memberikan dukungan ke KPU supaya debat kedua berjalan dengan baik.

Tak seperti debat pertama yang melibatkan tim kampanye dalam perumusan nama panelis, KPU memutuskan untuk tidak lagi melibatkan kedua tim kampanye dalam menentukan panelis debat pilpres. Nama-nama panelis seluruhnya diputuskan oleh KPU.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X