Steffy Burase Umrah Bareng Gubernur Aceh karena Sempat Ragu Menikah

Kompas.com - 04/02/2019, 17:49 WIB
Steffy Burase bersaksi dalam persidangan untuk terdakwa Irwandi Yusuf di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (4/2/2019).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Steffy Burase bersaksi dalam persidangan untuk terdakwa Irwandi Yusuf di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (4/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan model, Steffy Burase, mengaku memiliki kedekatan dengan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf.

Steffy mengakui bahwa ia awalnya sempat berencana menikah dengan Irwandi Yusuf. Hal itu dikatakan Steffy saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (4/2/2019).

Dia bersaksi untuk terdakwa Irwandi Yusuf dan dua terdakwa lain, yakni Teuku Saiful Bahri dan Hendri Yuzal.

Menurut Steffy, ia sempat ragu untuk menikah dengan Irwandi. Ia kemudian, berkonsultasi dengan Teuku Saiful Bahri yang merupakan orang dekat Irwandi.


"Saya dekat dengan Pak Gubernur dan masuk ke rencana perikahan. Saya cerita sama Saiful, saya ragu akan menikah atau tidak. Pak Saiful bilang, lebih baik doa, umrah," ujar Steffy.

Baca juga: Steffy Burase Bersaksi untuk Terdakwa Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

Menurut Steffy, dia dan Irwandi akhirnya umrah bersama-sama pada Juni 2018. Saat itu, Steffy mengaku meminjam uang Saiful sebesar Rp 150 juta.

Steffy beralasan, uangnya telah habis digunakan untuk menalangi biaya kegiatan Aceh Marathon.

Kepada Saiful, Steffy meminta agar uang tersebut dikirim ke empat rekening berbeda. Salah satunya adalah rekening Irwandi Yusuf.

"Rp 150 juta saya minta dipecah ke rekening saya untuk bayar hotel, karena satu ATM tidak bisa langsung tarik banyak," kata Steffy.

Dalam persidangan sebelumnya, terungkap bahwa Irwandi Yusus menunjuk Steffy Burase sebagai panitia kegiatan Aceh Marathon.

Baca juga: Mantan Staf Gubernur Sebut Irwandi Yusuf dan Steffy Burase Sudah Menikah

Adapun, uang suap yang diberikan Bupati Bener Meriah Ahmadi kepada Irwandi Yusuf, diduga digunakan Steffy untuk membiayai kegiatan Aceh Marathon.

Dalam surat dakwaan, Irwandi juga disebut menggunakan beberapa orang dekatnya untuk menerima gratifikasi. Salah satunya adalah Steffy.

Dalam persidangan untuk terdakwa lainnya, Irwandi dan Steffy mengakui bahwa mereka memiliki hubungan cukup dekat.

Keduanya bahkan berencana untuk menikah. Namun, pernikahan batal dilakukan karena Irwandi lebih dulu ditangkap dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK.

Baca juga: Wagub Aceh Tahu Irwandi Yusuf dan Steffy Burase ke Luar Negeri Bareng dari Media

Dalam surat dakwaan disebutkan bahwa sejak Oktober 2017 sampai akhir Januari 2018, Irwandi menerima uang melalui Steffy dengan total nilai sebesar Rp 568 juta. Uang tersebut berasal dari Teuku Fadhilatul Amri.

Dalam dakwaan gratifikasi pertama, rekening Steffy 15 kali menerima uang dari Teuku Fadhilatul Amri.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X