Elektabilitas Turun 2 Persen, Timses Jokowi-Ma'ruf Akan Perkuat Kinerja di Jateng

Kompas.com - 03/02/2019, 10:46 WIB
Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Hasto Kristianto KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALSekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Hasto Kristianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan, tim kampanye daerah di Jawa Tengah akan memperkuat kinerjanya untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

Hal itu menyikapi pernyataan Jokowi yang menyebutkan, elektabilitasnya berdasarkan hasil survei internal tim sukses Jawa Tengah sempat turun 2 persen.

"Itu memberikan semangat karena di dalam demokrasi ini kita harus menyiapkan berbagai opsi-opsi. Ketika indikasi turun 2 persen dari 67 menjadi 65, maka semua harus bergerak bersama-sama," kata Hasto usai menghadiri Deklarasi Alumni Menteng 64 untuk Jokowi di Gedung Joang 45, Jakarta, Minggu (3/2/2019).

Baca juga: Jokowi Sebut Elektabilitasnya di Jateng Sempat Turun 2 Persen

Namun demikian, Hasto merasa dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf sudah solid. Hasto menilai survei tersebut menjadi motivasi bagi tim kampanye untuk bekerja lebih maksimal. Sebab, tim kampanye menargetkan kemenangan 80 persen di Jawa Tengah.

"Survei yang sebenarnya kami yang pegang untuk Jateng menujukan kekuatan yang sangat solid dukung Pak Jokowi, jadi dalam rangka memberikan semangat kepada seluruh tim pemenangan," kata dia.

Baca juga: Jokowi: Saya Kurus, tetapi Saya Tidak Pernah Takut

"Sehingga kita lihat apa yang disampaikan Jokowi dalam rangka membangun semangat militansi karena bagaimanapun juga kita berhadapan denhan hoaks, kita berhadapan dengan fitnah," sambung Hasto.

Sebelumnya Jokowi mengakui bahwa elektabilitasnya bersama Ma'ruf Amin sempat turun.

"Empat minggu lalu di Jateng elektabilitas kita turun 2 persen. Tapi setelah saya undang tim kita (di Jawa Tengah) ke Jakarta, sekarang sudah naik lagi," kata Jokowi saat menghadiri silaturahmi dengan paguyuban pengusaha Jawa Tengah, di Semarang Town Square, Semarang, Sabtu (2/2/2019).

Baca juga: Jokowi Sebut Pengkritik Jalan Tol Tak Mengerti Ekonomi Makro

Oleh karena itu, Jokowi mengaku sangat menghargai kerja keras para pendukung dan relawannya di Jawa Tengah. Ia berharap para pendukung dan relawan terus bekerja keras hingga hari pemungutan suara pilpres 2019.

"Saya titip apa adanya bahwa dalam 2 bulan ini sangat menentukan sekali kemana arah negara ke depan akan kita bawa. Sehingga saya hargai kerja keras dukungan Bapak Ibu, utamanya di Jateng," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Untungnya Mbak Ratna Sarumpaet Jujur, Saya Acung Jempol

Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali menyampaikan sejumlah capaian yang telah dilakukan pemerintahannya.

"Dengan pertemuan ini kita harapkan sebarkan optimisme sehingga angka-angka itu sesuai yang kita targetkan," kata dia.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X