Pemerintah Terbitkan Inpres, 11 Pos Lintas Batas Negara Dibangun pada 2019 - Kompas.com

Pemerintah Terbitkan Inpres, 11 Pos Lintas Batas Negara Dibangun pada 2019

Kompas.com - 28/01/2019, 11:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian dan Pembangunan Perbatasan Negara Tahun 2019 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).      KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian dan Pembangunan Perbatasan Negara Tahun 2019 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, sebanyak 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) siap dibangun pada 2019.

Wiranto menjelaskan, sebagai landasan hukum pembangunan 11 PLBN itu, pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

"Kita sudah berhasil membangun tujuh pos di tahun 2018. Dan tahun 2019, kita masih punya tugas membangun 11 pos. Dengan pengalaman di tahun 2018, saya yakin kita bisa selesaikan 11 pos ini di tahun 2019," kata Wiranto saat menghadiri Rapat Koordinasj Pengendalian dan Pembangunan Perbatasan Negara Tahun 2019, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Baca juga: Warga Perbatasan Kalimantan “Cuhat” Kondisi Listrik dan Jalan ke Jokowi

Sebanyak 11 PLBN tersebut akan dibangun di 5 provinsi, yakni Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wiranto berharap, dengan terbitnya Inpres tersebut, ia mengarahkan 11 PLBN dibangun dengan berbagai aspek pendukung, di antaranya mengoptimalkan penugasan TNI dan Polri pada pos-pos pengamanan dengan sarana dan prasarana yang memadai.

"Selain itu juga ada aspek pendukung seperti infrastruktur jalan, jaringan listrik, telekomunikasi, sekolah, pasar, dan kebutuhan sosial lainnya," kata Wiranto.

Baca juga: Curhat Warga Perbatasan Indonesia-Malaysia ke Jokowi...

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pembangunan 11 PLBN sangat penting bagi Indonesia dalam meningkatkan kinerja pengelolaan perbatasan negara, yang ditandai dengan peningkatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas antar pemangku kepentingan.

"Gubernur dan bupati/walikota di lima provinsi tersebut harus memberikan dukungan, antara lain koordinasi dan penyiapan lahan, pengalihan atau hibah aset, percepat proses perizinan, dan fasilitasi pembangunanya," ujar Tjahjo.

Berikut 11 pos lintas batas yang akan dibangun pada 2019:

1. Kecamatan Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau
2. Kecamatan Kagok Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat
3. Jasa-Sei Kelik, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
4. Long Nawang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara
5. Long Midang Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara
6. Labang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara
7. Sei Pancang, Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara
8. Oepoli, Kupang, Nusa Tenggara Timur
9. Napan, Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur
10. Sota, Kabupaten Merauke, Papua
11. Yetetkun, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Papua.



Close Ads X