Meski Beda Pilihan, MS Kaban Hormati Keputusan PBB Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 27/01/2019, 20:06 WIB
Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban dalam acara Rakornas PBB di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/1/2019). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINKetua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban dalam acara Rakornas PBB di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang ( PBB) MS Kaban menyatakan tetap menghormati keputusan internal partainya yang resmi mendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Keputusan itu diumumkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PBB di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/1/2019).

Baca juga: Tausiah di Rakornas PBB, MS Kaban Singgung soal Beda Pendapat dengan Yusril

"Kami menghormati perbedaan, karena kami sangat paham tidak mungkin kami berseragam, dengan semua orang harus sama. Jadi kami menghormati keputusan Ketua Umum," ujar Kaban saat ditemui di sela Rakornas.


Mengenai arah dukungan partai terkait capres dan cawapres, Kaban mengatakan bahwa Majelis Syuro telah memutuskan untuk mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sikap Majelis Syuro juga telah disampaikan pada publik sesuai ijtima ulama.

Namun, keputusan Majelis Syuro hanya bersifat rekomendasi.

Sedangkan, sikap partai ditentukan oleh Ketua Umum setelah melalui rapat pleno sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai.

Terlebih lagi, menurut Kaban, Yusril selaku pimpinan partai telah membebaskan kader maupun calon anggota legislatif yang diusung PBB untuk memilih dukungan terhadap calon presiden.

Baca juga: Yusril: Caleg PBB 15.000 Lebih, yang Beda Pilihan Cuma 80 Orang

Yusril tidak mempersoalkan adanya pilihan pribadi setiap anggota partainya.

"Saya kira itulah sikap demokrasi yang kami junjung tinggi di PBB ini. Yang penting secara institusi ada yang bertanggung jawab, Ketua Umum. Harus dibiasakan di negara ini, berbeda pendapat, beda pilihan bukan berarti bermusuhan," kata Kaban.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X