Cerita Purnomo Yusgiantoro tentang Megawati yang Tak Takut Peristiwa 9/11

Kompas.com - 23/01/2019, 20:51 WIB
Mantan menteri Kabinet Gotong Royong yaitu Yusril Ihza Mahendra, Purnomo Yusgiantoro, dan Budiono meluncurkan buku The Brave Lady mengenai Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Rabu (23/1/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Mantan menteri Kabinet Gotong Royong yaitu Yusril Ihza Mahendra, Purnomo Yusgiantoro, dan Budiono meluncurkan buku The Brave Lady mengenai Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Rabu (23/1/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di era Megawati Soekarnoputri, Purnomo Yusgiantoro mengenang masa-masa saat Presiden kelima RI itu harus berangkat ke Amerika Serikat (AS) di saat peristiwan 9/11 berlangsung.

Setelah dilantik pada Juli 2001, keadaan Indonesia masih krisis. Sebagai menteri energi, dia mengusulkan kepada Megawati untuk berangkat ke AS dan bertemu presiden AS.

"Kebetulan ada konferensi energi di Houston, Houston itu pusat energi. Ibu Mega beberapa waktu untuk berpikir. Kemudian Ibu menyampaikan saya berangkat. Kami tidak sadar, September 2001 ada serangan di Twin Tower dan Pentagon," kata Purnomo saat menghadiri perayaan ulang tahun Megawati ke-72 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Baca juga: Cerita Megawati Tak Mau Tulis Riwayat Hidupnya karena Banyak Dukanya...

Purnomo lantas mengingatkan Megawati sebelum berangkat bahwa di AS baru saja terjadi peristiwa 9/11 dimana menara kembar World Trade Center (WTC) dan Gedung Pentagon diserang.

Namun, kata Purnomo, Megawati memutuskan untuk tetap berangkat. Hasilnya, lanjut Purnomo, Indonesia mendapat komitmen investasi sebesar Rp 200 triliun.

"Ibu, ini Amerika keadaan tidak pasti, kemudian ada serangan. Tapi Ibu (Megawati) tetap pergi. Itu Bravenya (beraninya)," lanjut Purnomo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X