Soal Moderator Debat, KPU Pastikan Tak Akan Putuskan Sepihak

Kompas.com - 23/01/2019, 16:18 WIB
Komisioner KPU Wahyu Setiawan KOMPAS.com/Fitria Chusna FarisaKomisioner KPU Wahyu Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan, KPU belum memutuskan nama moderator debat kedua Pilpres 2019 yang akan digelar pada 17 Februari 2019.

Wahyu mengakui, dua nama mantan pembaca berita Metro TV, Najwa Shihab dan Tommy Tjokro, diusulkan sebagai moderator.

"Kemarin itu nama Najwa (Shihab) dan Tommy Tjokro itu yang mengusulkan adalah pihak TV penyelenggara. Jadi KPU belum dalam posisi memutuskan siapa moderatornya," kata Wahyu saat ditemui di Kantor Badan Pengawas Pemilu, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Wahyu mengatakan, sebelum diputuskan, nama moderator harus disepakati oleh tim kampanye Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Timses Prabowo: Kami Ingin Moderator yang Tak Berafiliasi pada Kekuatan Politik

Hal itu sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 277 ayat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Aturan itu menyebutkan, moderator debat pasangan calon yang dipilih KPU harus mendapatkan kesepakatan/persetujuan para pasangan calon peserta debat.

"KPU enggak bisa tentukan moderator secara sepihak," ujar Wahyu.

Rencananya, nama moderator debat kedua pilpres akan dibahas kembali dalam rapat KPU bersama tim kampanye, Jumat (25/1/2019).

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, meminta KPU untuk menunjuk moderator yang netral dan tidak berpihak.

Baca juga: Timses Prabowo Klarifikasi soal Penolakan Usulan Najwa Shihab Jadi Moderator Debat

 

Pernyataan ini muncul setelah mengetahui nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro diusulkan sebagai moderator debat kedua.

Namun, Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso mengklarifikasi pernyataan Andre. Ia mengatakan, hingga saat ini BPN belum menolak Najwa Shihab maupun Tommy Tjokro dari daftar calon moderator.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jadwal Debat Pilpres 2019

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X