Jokowi Tetap Gunakan Strategi Menyerang pada Debat Kedua

Kompas.com - 22/01/2019, 19:28 WIB
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin memberikan penjelasan saat debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin memberikan penjelasan saat debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Maman Imanulhaq, mengatakan, calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, tetap akan menggunakan strategi menyerang di debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Maman memastikan penggunaan strategi tersebut tidak melenceng dari karakteristik asli Jokowi.

"Pertahanan terbaik adalah menyerang, jadi ini genuine Jokowi ya," kata Maman saat ditemui di Resto Ajag Ijig, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Timses Prabowo Klarifikasi soal Penolakan Usulan Najwa Shihab Jadi Moderator Debat

Strategi menyerang tersebut, kata Maman, akan didukung dengan penggunaan data-data yang lebih diperbanyak.

Ia menjelaskan, Jokowi juga akan membeberkan apa saja keberhasilan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla saat ini, dan apa saja yang ingin dilanjutkan.

"Isu-isu tentang lingkungan, kedaulatan pangan, akan betul-betul diperlihatkan datanya. Jadi kita akan bicara data, walau pun jujur penyajian nanti akan lebih kepada apa yang sudah dikasih dan apa yang akan dilanjutkan," papar Maman.

Baca juga: Kubu Prabowo-Sandiaga Usulkan Debat Kedua Gunakan Format Tarung Bebas

Selain itu, porsi calon wakil presiden, Ma'ruf Amin, akan ditingkatkan. Hal itu merupakan salah satu evaluasi debat pertama sebelumnya.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jadwal Debat Pilpres 2019

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X