Dimutasi, Arief Sulistyanto Dinilai Lebih Berbakat Benahi SDM Polri

Kompas.com - 22/01/2019, 17:10 WIB
Pelantikan Komjen Pol Ari Dono sebagai Wakapolri dan Komjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kabareskrim di Mabes Like I, Jakarta, Jumat (17/8/2018) Kompas.com/YOGA SUKMANAPelantikan Komjen Pol Ari Dono sebagai Wakapolri dan Komjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kabareskrim di Mabes Like I, Jakarta, Jumat (17/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai mutasi Komjen Arief Sulistyanto dari jabatan Kepala Bareskrim ke Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) bukan karena gagal di Bareskrim.

Arsul mengatakan Arief lebih berbakat untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia ( SDM).

"Kalau saya melihatnya memang lebih bagus Pak Arief itu jadi Kalemdiklat karena Pak Arief itu di bidang pengembangan SDM. Itu sudah kelihatan sejak dia jadi Kapolda di Kalbar, itu dia benahi benar SDM-nya," ujar Arsul di kompleks parlemen, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Rotasi Perwira Polri, Idham Azis Jadi Kabareskrim, Gatot Eddy Pramono Jabat Kapolda Metro Jaya


"Saya tidak katakan dia gagal jadi Kabareskrim tetapi dia ahlinya di sini," tambah dia.

Arsul mengatakan, ketika Arief menjabat sebagai Asisten SDM Kapolri, unit tersebut relatif bersih dari praktik titip jabatan. Dia yakin Arief bisa menjalankan jabatan barunya dengan baik.

Jabatan Kabareskrim kini diisi oleh Irjen Idham Azis. Arsul berharap Idham dapat mengemban jabatan baru ini dengan amanah.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani di kompleks parlemen, Rabu (9/1/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani di kompleks parlemen, Rabu (9/1/2019).

 

"Pak Idham kan tegas, yang paling penting yang harus kita tunggu adalah apakah Pak Idham nanti akan bisa dalam tanda kutip membuat Bareskrim itu dipersepsikan sebagai bagian institusi yang bersih. Itu saja tantangannya dia," ujar Arsul.

Baca juga: Penjelasan Polri soal Pergantian Kabareskrim yang Baru 5 Bulan Dijabat Arief Sulistyanto

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian kembali merombak susunan pejabat perwira tinggi dan menengah. Ada 48 perwira tinggi dan menengah yang dimutasi.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis dipromosikan menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim).

Idham akan menggantikan posisi Komjen Arief Sulistyanto yang akan menempati jabatan Kalemdiklat Polri.

Baca juga: Mutasi di Polri, Idham Aziz Akan Jabat Kabareskrim

Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019, yang ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

Sementara itu, posisi Kapolda Metro Jaya akan dijabat Irjen Gatot Eddy Pramono, yang saat ini menjabat Asrena Kapolri.

Lalu, posisi Asrena akan diisi Irjen Agung Sabar Santoso.

Baca juga: Mutasi di Polda Metro Jaya, Kapolres Kepulauan Seribu dan Sejumlah Perwira Menengah Diganti

Sementara Komjen Unggung Cahyono yang kini menjabat Kalemdiklat Polri akan menempati jabatan baru, yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam).

Kabaintelkam saat ini, Komjen Lutfi Lubihanto, akan memasuki masa pensiun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X