Najwa Shihab dan Tommy Tjokro Diusulkan Jadi Moderator Debat Pilpres

Kompas.com - 21/01/2019, 22:14 WIB
Presenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAPresenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama mantan penyiar berita Metro TV Najwa Shihab dan Tommy Tjokro diusulkan menjadi moderator debat kedua pilpres. Usul itu datang dari pihak televisi penyelenggara debat kedua.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) juga berencana mengusulkan nama moderator pada rapat persiapan debat selanjutnya.

Oleh karenanya, hingga saat ini belum ada nama yang disepakati untuk memandu debat kedua.

"Ya, (nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro) itu diusulkan oleh TV," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Baca juga: Fadli Zon: Panelis Debat Hanya Jadi Pajangan, Moderator Terlalu Kaku

Arief menyebut, jumlah moderator bisa juga berubah, tidak lagi dua orang, melainkan hanya satu. Tetapi, hal ini baru menjadi usulan Arief pribadi.

Menurut Arief, satu orang moderator akan lebih efektif ketimbang dua. Apalagi, peserta debat kedua bukan capres cawapres melainkan capres saja.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jumat (14/12/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jumat (14/12/2018).

"Moderator dua (orang) kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu. Jadi lebih cepat gitu, silakan-silakan tanya jawab gitu lho," tuturnya.

Baca juga: Perludem Usul Moderator Debat Perdalam Jawaban Paslon 2-3 Kali

Arief mengatakan, fungsi moderator debat kedua sama dengan debat pertama, yaitu menyampaikan pertanyaan dan mengatur jalannya debat.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2/2019). Peserta debat adalah calon presiden. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Empat stasiun televisi akan menyiarkan debat, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X