Jokowi Tak Permasalahkan Perbedaan Pendapat Para Menteri

Kompas.com - 17/01/2019, 22:53 WIB
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Maruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Maruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan, perbedaan pendapat para menteri adalah dinamika yang wajar dalam pemerintahan.

Selama menjabat sebagai presiden, ia tak mempermasalahkan perbedaan pendapat para menteri.

"Saya pikir selama dinamika sebuah di rapat-rapat saya silahkan menteri-menteri debat, saya dengarkan," kata Jokowi dalam debat pertama pilpres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Menurut Jokowi, justru perbedaan pendapat adalah sebuah hal yang baik. Sehingga, terjadi kontrol dan cek antara menteri satu dengan lainnya.

"Kalau menteri sama semuanya malah tidak bagus, tidak ada saling kontrol dan ngecek. Menteri tidak usah sama semuanya," ujar Jokowi.

Akan tetapi, meski ada perbedaan, jika sebuah kebijakan sudah diputuskan dalam rapat, maka semua menteri harus menjalankan.

Pernyataan Jokowi itu menyinggung pertanyaan yang dilemparkan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Prabowo menyinggung adanya perbedaan pendapat antar menteri dalam kabinet pimpinan Jokowi.

Perbedaan pendapat itu, salah satunya, mengenai kebijakan impor beras antara Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama Bulog Budi Waseso.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Quote jokowi UU Disabilitas

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X