CEK FAKTA: Prabowo Sebut Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia - Kompas.com

CEK FAKTA: Prabowo Sebut Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia

Kompas.com - 17/01/2019, 22:10 WIB
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menyampaikan visi misi  di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).  Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia yang dinilai tidak sebanding dengan beban tanggung jawab yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya tersebut, Prabowo menyebutkan bahwa Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia. Padahal, gaji yang didapat terbilang kecil.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar, jadi ini hal-hal yang tidak realistis," kata Prabowo dalam debat perdana, Kamis (17/1/2019) malam di Gedung Bidakara, Jakarta.

Baca juga: Prabowo: Bagaimana Bisa Gubernur Jawa Tengah Gajinya Cuma Rp 8 Juta?

Benarkah pernyataan Prabowo tersebut?

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 32.544, 12 km persegi.

Sementara, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur, yang berada di Pulau Kalimantan.

Luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

Dari sisi jumlah penduduk, untuk provinsi Jawa Tengah, jumlah penduduk menurut data BPS tahun 2017 adalah 33,5 juta jiwa. Sementara, untuk jumlah penduduk Malaysia menurut data Anggaran Penduduk Semasa Malaysia adalah 32,4 juta jiwa. 

Baca juga: Klarifikasi BPN soal Pernyataan Prabowo Jateng Lebih Besar dari Malaysia

Catatan Redaksi: Judul berita ini telah diedit dari sebelumnya "Prabowo Sebut Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia" menjadi "Prabowo Sebut Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia". Terdapat pula penambahan data jumlah penduduk Indonesia dan Malaysia sebagai perbandingan. Hal ini dilakukan merujuk pada klarifikasi dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi. 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cek Fakta Quote Prabowo tentang Luas Jateng


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X