Kompas.com - 17/01/2019, 20:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memberikan sambutan dalam pembukaan debat pertama pilpres, Kamis (17/1/2019).

Arief mengatakan, debat pilpres menjadi gelaran yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya, debat diselenggarakan bersamaan dengan gegap gempitanya jadwal kampanye pemilu legislatif.

Debat tidak hanya penting dan strategis bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden tapi juga bagi pemilih yang berdaulat.

"Pemilih akan memiliki kesempatan yang luas untuk memahami dan menjadikan pemaparan capres cawapres malam ini salah satu referensi penting saat menggunakan hak konstitusionalnya pada hari pemungutan suara tanggal 17 April 2019," kata Arief.

Debat yang digelar juga sangat strategis untuk mendukung cita-cita mewujudkan pemilu yang berintegritas dan berkualitas.

Lebih lanjut, Arief mengatakan, perbedaan pendapat adalah keniscayaan dalam demokrasi.

Baca juga: Di Luar Area Debat, Pendukung Jokowi dan Prabowo Berbalas Yel-yel

"Berdebat itu biasa, perbedaan pendapat adalah keniscayaan dalam demokrasi. Debat yang bermanfaat, pemilih berdaulat negara kuat," tandasnya.

Debat perdana Pilpres 2019 digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema yang diangkat adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi.

Peserta debat pertama adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Debat perdana ini akan disiarkan oleh empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV.

Kompas TVCapres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tiba di lokasi debat pertama di Hotel Bidakara. Sebelum masuk, pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 ini sempat diwawancarai terkait persiapannya jelang debat kali ini. Simak video berikut.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.