Jelang Debat Pilpres, Ketua Pemuda Muhammadiyah Imbau Pendukung Capres Jaga Kondusifitas

Kompas.com - 17/01/2019, 16:45 WIB
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto di kompleks parlemen, Kamis (17/1/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto di kompleks parlemen, Kamis (17/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto mengingatkan pendukung dua pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk ikut menjaga suasana kondusif saat pelaksanaan debat pertama malam ini.

Tidak hanya yang ada di lokasi debat melainkan juga di media sosial.

"Pendukung di media sosialnya juga harus sama-sama menghargai (paslon) beradu argumen, beradu gagasan, saya kira itu yang paling penting ke depan," ujar Sunanto di kompleks parlemen, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Warga Akan Nobar Debat Capres di Perkampungan hingga Posko Kecamatan

Sunanto mengatakan, sebaiknya para pendukung fokus menyebar keunggulan kandidat yang mereka dukung. Masyarakat tidak perlu merendahkan pasangan calon lain. Apalagi memaksa seseorang untuk mengubah pilihan politik.

"Tidak usah menjustifikasi atau mengarahkan orang untuk mendukung seperti apa yang dituliskan. Itu sangat meresahkan kalau nada-nadanya memaksa, nada-nadanya mem-bully," ujar Sunanto.

Baca juga: Ini Rute Khusus yang Dilalui Capres dan Cawapres Menuju Lokasi Debat Pertama

Terhadap dua paslon, Sunanto juga berharap mereka lebih menonjolkan visi misi. Dia berharap baik Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga tidak saling serang.

"Tidak ada lagi serangan yang sifatnya menohok tetapi tidak ada fakta," ujar Sunanto.

Debat pertama digelar hari ini, 17 Januari 2019. Pesertanya adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tema yang diangkat yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat pertama akan disiarkan empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X