Tim Kampanye: Prabowo Siap Jawab Pertanyaan Apa Pun Termasuk soal HAM

Kompas.com - 17/01/2019, 12:41 WIB
Wakil ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Priyo Budi Santoso dalam diskusi Jelang Debat Siapa Hebat di Jakarta, Sabtu (12/1/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comWakil ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Priyo Budi Santoso dalam diskusi Jelang Debat Siapa Hebat di Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso mengatakan, Prabowo-Sandi siap menjawab apapun yang akan ditanyakan kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin di debat pertama pilpres, Kamis (17/1/2019) malam.

Bahkan, menurut dia, Prabowo siap menjawab seandainya kubu Jokowi menanyakan kasus pelanggaran HAM. Priyo mengatakan, permasalahan pelanggaran HAM yang kerap dikaitkan dengan Prabowo sudah tuntas.

"Pertanyaan apapun beliau siap. Bisa saja (ditanya soal pelanggaran HAM), akan ditanya soal apapun, natural akan kita jawab," kata Priyo saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Maruf Amin Baca Koran dan Bermain dengan Cucu Jelang Debat


Meski demikian, Priyo tidak yakin kubu Jokowi akan melempar pertanyaan seputar pelanggaran HAM.

Priyo memastikan, Prabowo dan Sandi tak bakal melempar pertanyaan yang sifatnya personal. Pasangan nomor urut 02 ini akan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan substansi visi-misi.

"Pada dasarnya kami tak akan menanyakan yang sifatnya personal karena ini debat negarawan, kalau dari sisi kami tak bertanya sifat personal tapi substansi visi misi," ujar Priyo.

Priyo menambahkan, dalam debat pertama sebanyak 100 orang pendukung Prabowo-Sandi akan hadir.

Jumlah tersebut terdiri dari, 30 anggota partai politik koalisi, dan 70 sisanya diperuntukan bagi tokoh-tokoh milenial, tokoh "emak-emak nasional", dan anggota BPN.

Akan ada enam segmen dalam debat dengan dua metode lontaran pertanyaan.

Segmen kedua dan ketiga adalah debat dengan metode lontaran pertanyaan terbuka.

Dalam segmen itu, moderator debat akan menyampaikan pertanyaan kepada paslon, yang mana paslon sebelumnya telah mendapat kisi-kisi pertanyaan dari KPU. Masing-masing paslon akan diberi 1 pertanyaan dari setiap tema.

Baca juga: 2.000 Polisi Dikerahkan Amankan Debat Pertama Pilpres

Segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Metode ini memberikan kesempatan kepada pasangan calon memberikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya.

Debat perdana Pilpres 2019 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis, 17 Januari 2019. Tema yang diangkat adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi.

Peserta debat pertama adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Debat perdana ini akan disiarkan oleh empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X