Menengok Persiapan Debat Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Debat Pertama - Kompas.com

Menengok Persiapan Debat Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Debat Pertama

Kompas.com - 17/01/2019, 07:41 WIB
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin menemui para relawan dan pendukung di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). Setelah dari Tugu Proklamasi, Jokowi-Maruf Amin akan langsung menuju Kantor KPU untuk mengambil nomor urut sebagai peserta Pemilu Presiden 2019.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin menemui para relawan dan pendukung di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). Setelah dari Tugu Proklamasi, Jokowi-Maruf Amin akan langsung menuju Kantor KPU untuk mengambil nomor urut sebagai peserta Pemilu Presiden 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo- Ma'ruf Amin punya persiapan khusus dalam menyambut debat Pilpres pertama yang akan berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, hari ini (17/1/2019).

Dari keempat kandidat capres dan cawapres, hanya Ma'ruf yang belum pernah merasakan suasana debat politik untuk pemilihan.

Jokowi dan Prabowo Subianto pernah mengalaminya saat berkontestasi di Pilpres 2014. Demikian pula Sandiaga Uno yang pernah mengalami debat Pilkada DKI Jakarta pada tahun 2017 kala mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Jokowi: Namanya Pemantapan Ya Mantaplah, Mantul!

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, mengatakan, pada dasarnya capres dan cawapres yang diusungnya merupakan sosok yang sudah terbiasa berbicara di hadapan publik.

Hanya Ma'ruf yang belum memiliki pengalaman debat harus dibiasakan dengan atmosfer debat. Karena itu, sejumlah hal disiapkan agar Jokowi-Ma'ruf tampil prima dalam debat.

Erick tak menampik jika persiapan lebih ditekankan kepada Ma'ruf sebab mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU) itu butuh pembiasaan. Berikut sejumlah Persiapan yang dilakukan TKN Jokowi-Ma'ruf.

1. Menghadirkan suasana debat sungguhan

Erick mengatakan, persiapan debat dilakukan dengan menghadirkan atmosfer yang mirip dengan lokasi debat di Hotel Bidakara, Jakarta.

Baca juga: Sewa Ruangan di Djakarta Theater untuk Membiasakan Maruf Amin Jelang Debat Capres

Hal itu diwujudkan dengan simulasi lewat penyuguhan tata letak panggung yang mirip dengan aslinya. Mereka sampai menyewa ball room Djakrta Theatre di Sarinah, Jakarta, untuk mendesain panggung latihan debat.

Selain menyewa ball room Djakarta Theatre, ada pula ruangan di salah satu hotel di Jakarta yang mereka sewa untuk mendesain panggung yang mirip dengan lokasi debat. Namun mereka enggan menyebutkan nama hotel yang dimaksud.

Baca juga: Debat Pertama Pilpres Digelar Kamis Malam Ini, Simak Aturannya

Selain itu dihadirkan pula suasana serupa seperti menghadirkan penonton dalam simulasi. Adapun timnya juga menghadirkan lawan debat bagi capres dan cawapres mereka yang berperan sebagai capres dan cawapres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

2. Merekrut praktisi media dalam tim persiapan

Di balik persiapan debat kedua pasangan calon, tentunya ada tim yang memikirkan konten yang akan disampaikan dan gaya komunikasi yang bakal ditunjukan dalam debat.

Di kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin, tim yang menyiapkan materi debat dan mengarahkan gaya komunikasi didominasi oleh para politisi dan praktisi media.

"Kita ada Riza Primadi, Rizal Mustary," ujar Erick.

Baca juga: Para Politisi dan Praktisi Media di Balik Persiapan Debat Jokowi-Maruf

Kedua nama itu diketahui sebagai praktisi yang pernah berkecimpung di stasiun televisi nasional.

Riza Primadi tercatat pernah menjabat sebagai News and Corporate Affairs Director di Trans TV serta pernah menjabat Senior Communications Consultant di salah satu BUMN.

Sementara itu, Rizal Mustary tercatat penah menjabat News Producer, Main Anchor and Talent Coordinator di Trans TV.

Baca juga: Siasat Ahli Bahasa Menghindari Muslihat Debat Calon Presiden

Selain dua nama itu, praktisi media yang tergabung dalam tim persiapan debat Jokowi-Ma'ruf ialah mantan presenter TV One Tina Talisa yang kini terdaftar sebagai caleg DPR RI dari Nasdem.

Ada pula Usman Kansong yang pernah menjabat Pemimpin Redaksi Media Indonesia yang sekarang juga menjabat Direktur Komunikasi Politik di TKN.

Selain itu praktisi media yang juga tergabung dalam tim persiapan debat Jokowi-Ma'ruf ialah Arya Sinulingga. Arya merupakan Direktur Pemberitaan di Media Nusantara Citra (MNC Group) sekaligus caleg DPR RI dari Partai Perindo.

Baca juga: Debat Pertama Capres, Polisi Siapkan 4 Lapis Pengamanan

Adapun Putra Nababan yang merupakan mantan Pemimpin Redaksi Metro TV juga tergabung dalam tim tersebut.

3. Mengundang Yusril Ihza Mahendra sebagai salah satu konsultan

TKN Jokowi-Ma'ruf mengundang pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra sebagai salah satu konsultan.

Yusril memberikan masukan-masukan dalam simulasi debat terakhir tadi. Diketahui debat akan membahas pemberantasan korupsi dan terorisme serta penegakan hukum dan HAM.

Baca juga: Jelang Debat, Ini Pesan dan Saran dari Kalla untuk Jokowi-Maruf

Ia mengatakan, sebagai penasehat hukum ia memberikan analisis dan memantapkan jawaban Jokowi dan Ma'ruf untuk debat Pilpres.

"Tadi materi-materi yang sudah dihimpun dari pemberitaan media dari isu-isu yang berkembang di masyarakat sudah dirangkum, dianalisis, dan dimantapkan baik oleh Pak Jokowi sendiri dan Pak Ma'ruf Amin," ujar Yusril.

"Oleh karena beliau-beliau besok akan hadir dalam debat capres sesi pertama dan dari pemantapan tadi Insya Allah besok itu akan lebih baik," lanjut dia.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X