Cegah Dukungan Kelompok Lain, Satgas Tinombala Diminta Segera Tangkap Ali Kalora Cs

Kompas.com - 16/01/2019, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat terorisme Al Chaidar mengemukakan, kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah, pimpinan Ali Kalora Cs dianggap masih berpotensi melakukan teror karena memahami kondisi di Poso dan sekitarnya.

Ia menegaskan, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala perlu mengejar dan menangkap sisa anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Poso, Sulawesi Tengah.

“Membiarkan mereka (MIT kelompok Ali Kalora) sedikit saja bisa berbahaya sekali, karena mereka akan terus melakukan tindakan-tindakan mutilasi, penculikan dan sebagainya,” ujar Chaidar saat dihubungi, Rabu (16/1/2019).

Baca juga: Kejar Ali Kalora Cs, Polisi Terjunkan Pasukan Ahli Perang Hutan

Chaidar mengatakan, kelompok MIT memiliki jaringan yang luas, bukan hanya di wilayah Asia Tenggara. Beberapa pemberontak Uighur juga pernah bergabung dengan MIT.

“Sangat riskan eksponensial, dalam artian setelah mereka melakukan tindakan mutilasi dibaca dan diketahui oleh kelompok lain dan bisa jadi kelompok lain ikut berencana membantu dan melakukan support terhadap kelompok Ali Kalora secara masif,” ujar Chaidar.

“Bisa jadi mereka (kelompok Ali Kalora) mendapat bantuan berlipat ganda,” sambung Chaidar.

Chaidar berpendapat, MIT kelompok Ali Kalora merupakan terorisme tamkin.

Baca juga: Polisi Imbau 14 Anggota Ali Kalora Serahkan Diri

Teroris tamkin adalah kelompok organik yang mengklaim tengah memperjuangkan kemerdekaan untuk wilayah tertentu yang memiliki warisan ideologis, seperti di Papua, Poso, Maluku, atau Aceh.

“Mereka jenis teroris tamkin, teroris teritorial dan organik. Mereka memiliki jaringan orang-orang yang pernah tinggal atau lahir disana, Poso dan kemudian tersebar berdiaspora kemana-mana,” tutur Chaidar.

Pengamat politik dan terorisme dari Universitas Malikussaleh, Aceh, Al ChaidarKompas.com/Masriadi Pengamat politik dan terorisme dari Universitas Malikussaleh, Aceh, Al Chaidar

Chaidar menambahkan, Satgas Tinombala perlu memperluas daerah operasi penyisiran tempat Ali Kalora berada.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.