Kompas.com - 14/01/2019, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, penghargaan Piala Adipura penting bagi kepala daerah saat menghadapi pilkada.

Hal itu disampaikan Kalla dalam acara penganugerahan Adipura di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin (14/1/2019).

"Ya piala (Adipura) ini penting untuk nanti pilkada, kan begitu," kata Kalla.

Ia menilai, keberhasilan seorang kepala daerah dalam mendapatkan Piala Adipura merupakan sebuah pencapaian. Sebab, kata Kalla, hal itu diperoleh kepala daerah dengan upaya yang tidak mudah.

Oleh karena itu, menurut dia, menjelang pilkada, sah-sah saja jika petahana memamerkan prestasinya seperti memenangkan Piala Adipura.

Namun, Kalla mengingatkan para kepala derah agar tak hanya memenangkan Piala Adipura, tetapi juga membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan kotanya.

Ia mencontohkan kota-kota besar di dunia yang mewajibkan masyarakatnya bertanggung jawab atas kebersihan selokan di depan rumahnya. Dengan demikian, pemerintah tak perlu terlalu banyak menggaji petugas kebersihan.

"Bikin saja perda, bahwa semua selokan di depan rumah, yang tanggung jawab yang punya rumah. Itu seperti di Singapura. Seperti di AS (Amerika Serikat), di AS kalau orang jatuh karena salju di depan rumahnya tidak dibersihkan maka bisa yang punya rumah dituntut," ujar Kalla.

"Kalau ada jentik di depan rumah, di Singapura, itu didenda pemerintah. Ini mendorong orang semua hidup secara bersama untuk kebersihan," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.