Setelah Tol Trans-Jawa, Proyek Ini yang Menjadi Fokus Jokowi

Kompas.com - 14/01/2019, 09:32 WIB
Pemandangan ruas Jalan Tol Trans Jawa.Twitter: Joko Widodo, @jokowi Pemandangan ruas Jalan Tol Trans Jawa.

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden nomor urut 01 sekaligus petahana, Joko Widodo, mengungkapkan, target penyelesaian Tol Trans-Jawa, dari Merak hingga Banyuwangi, harus diundur menjadi tahun 2020.

Proyek tersebut awalnya diperkirakan selesai tahun 2019.

"Trans-Jawa dari Merak di barat sampai Banyuwangi di timur, kita harapkan tembus di 2019," kata Jokowi saat tampil dalam program Visi Presiden di NET TV, Minggu (13/1/2019) malam.

Baca juga: Tol Trans-Jawa, Harapan Baru Pengusaha Bus AKAP

"Tetapi yang di lapangan menyampaikan kepada saya, 'Pak 2019 masih sangat sulit, kita harus mundur sampai ke 2020', 'Ya enggak apa-apa tapi jelas loh ya 2020 selesai?', 'Insya Allah selesai'," sambung dia.

Sayangnya, Jokowi tidak merinci apa yang menjadi kendala pembangunan proyek tersebut.

Namun, ia sempat menyebutkan bahwa salah satu masalah yang sering menghambat pembangunan infrastruktur adalah pembebasan lahan.

Baca juga: Pekan Depan, Keluar Tarif 7 Ruas Tol Baru Trans-Jawa

Kendati demikian, setelah program itu rampung, terdapat satu proyek lagi yang akan menjadi perhatian Jokowi, yaitu Tol Trans-Sumatera.

Ia mengungkapkan, jalan tol yang menghubungkan Bakauheni sampai ke Aceh tersebut diperkirakan selesai tahun 2024.

"Ini rampung Tol Trans-Jawa, kita konsentrasi lagi di Tol Trans-Sumatera, dari Bakauheni sampai Aceh," ujarnya.

Setelah itu selesai, menurut Jokowi, pemerintah akan membangun proyek infrastruktur konektivitas serupa di pulau-pulau lain.

Kompas TV Munculnya Tol Trans Jawa akan mengubah pola mobilitas masyarakat yang akan bepergian antar kota di Jawa. Pemerintah berencana mengambil potensi bisnis transportasi publik di sana. Namun ditolak oleh pemain swasta, yang menilai seharusnya pemerintah mendorong pemain lama yang sudah ada.<br />

 




Close Ads X