Jokowi Minta Pengusaha Contoh Perjuangan CEO Bukalapak Achmad Zaky

Kompas.com - 10/01/2019, 22:18 WIB
CEO Bukalapak, Ahmad Zaky di acara HUT BUkalapak ke-9 di Jakarta, Kamis (10/1/2019).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi CEO Bukalapak, Ahmad Zaky di acara HUT BUkalapak ke-9 di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta para pengusaha di Indonesia untuk mencontoh perjuangan yang dilakukan Achmad Zaky dalam mendirikan dan membesarkan platform e-commerce, Bukalapak.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat berpidato dalam peringatan hari ulang tahun Bukalapak kesembilan, di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (10/1/2019).

Baca juga: Jokowi Tak Mau E-commerce Indonesia Dibanjiri Produk Asing

Awalnya, Jokowi bertanya mengenai modal pendirian Bukalapak sembilan tahun silam.

"Saya terima informasi, Bukalapak saat didirikan 9 tahun lalu, modalnya Rp 80.000. Benar?" tanya Jokowi kepada Zaky yang ada di hadapannya.

"Ini 80.000 dolar atau rupiah ini?" tanya Jokowi lagi, setengah tak percaya.

Jokowi menjelaskan, biaya Rp 80.000 itu adalah untuk reservasi domain bukalapak.com. Namun, setahun setelah didirikan, Zaky justru ragu dengan usaha yang digelutinya.

"Setahun setelah didirikan, Pak Zaky agak putus asa, hampir menyerah karena sudah kehabisan uang. Calon mertuanya enggak yakin Bukalapak ini memberi penghasilan stabil atau tidak," kata Jokowi disambut tawa Zaky dan para hadirin.

Baca juga: Jokowi: Banyak UMKM Belum Siap Masuk Pasar E-commerce

 

Setelah tawa hadirin mereda, Jokowi melanjutkan ceritanya mengenai perjuangan Zaky.

Menurut dia, Zaky saat itu sudah putus asa ingin menutup Bukalapak. Namun, niat itu diurungkan karena Zaky memikirkan nasib lebih dari 1000 UKM yang usahanya sudah tergantung dengan Bukalapak.

"Saat itu karena sudah ribuan UKM yang tergantung dengan Bukalapak, Pak Zaky enggak tega dan bersemangat bagaimana bisa bertahan," kata dia.

"Saya ingin agar keberanian Pak Zaky, kenaikan Pak Zaky, saya ingin itu menjadi contoh dan inspirasi bagi seluruh pengusaha muda kita," tambah Jokowi yang juga mantan Pengusaha mebel ini.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X