Kompas.com - 08/01/2019, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Senator nonaktif asal Daerah Istimewa Yogyakarta GKR Hemas, Selasa (8/1/2019) siang, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Jakarta. Ia didampingi beberapa senator lainnya, antara lain Anna Latuconsina dan Nurmawati Dewi Bantilan.

Kuasa hukum GKR Hemas, Irmanputra Sidin juga tampak hadir.

Seusai pertemuan, Hemas mengakui, pertemuan dengan Presiden Jokowi memang khusus membahas persoalan yang tengah dihadapi di DPD RI, yakni dualisme kepemimpinan.

"Beliau minta kami-kami menjelaskan persoalan yang terjadi di DPD. Kami sudah menjelaskan dan beliau sudah memahami apa yang harus kami lakukan berikutnya," ujar Hemas.

Baca juga: Dualisme DPD, GKR Hemas Ajukan Sengketa Kewenangan Lembaga ke MK

Secara khusus, lanjut Hemas, Presiden ingin mengetahui alasan Hemas diberhentikan oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang melalui Badan Kehormatan DPD RI.

"Saya mengatakan bahwa saya masih masuk di ranah hukum untuk masuk menyelesaikan permasalahan DPD sebagai lembaga negara," ujar Hemas.

Kuasa hukum Hemas, Irmanputra Sidin mengungkapkan, Presiden sangat berkepentingan dengan dualisme di DPD RI.

Baca juga: 12 Kali Bolos Sidang Paripurna, GKR Hemas Diberhentikan Sementara sebagai Anggota DPD

"Karena ini penting buat hubungan DPR, Presiden dan DPD, dalam hubungan presiden dalam membentuk legislasi," ujar Sidin.

Hemas menambahkan, Presiden tidak membela dirinya atau Oesman Sapta dalam persoalan ini. Presiden hanya mendorong agar persoalan di DPD dapat diselesaikan dengan baik melalui jalur hukum.

"Malah beliau setuju dan mendorong supaya semua terselesaikan di MK," ujar Hemas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.