Kemenag Serahkan Hasil SKB CPNS ke Panselnas, Ini Tahapan Selanjutnya

Kompas.com - 04/01/2019, 11:46 WIB
Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10). Kementerian Keuangan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil untuk mengisi 2.880 formasi yang kosong. Menjadi pegawai negeri sipil masih diminati para pencari kerja karena adanya jaminan kesejahteraan hingga masa pensiun. KOMPAS/RADITYA HELABUMIPara peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10). Kementerian Keuangan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil untuk mengisi 2.880 formasi yang kosong. Menjadi pegawai negeri sipil masih diminati para pencari kerja karena adanya jaminan kesejahteraan hingga masa pensiun.
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) telah menyerahkan hasil seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), yang diketuai oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana.

"Hasil SKB CPNS Kementerian Agama Tahun 2018 per hari ini (2 Januari 2019), mulai kami sampaikan ke Panselnas," kata Sekretaris Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan dalam keterangan tertulis.

Nur Kholis menyampaikan, masih terdapat sejumlah tahapan yang harus dilakukan, baik oleh tim CPNS Kemenag dan Panselnas.

Setelah diserahkannya hasil SKB tersebut, maka Panselnas akan mengintegrasikan nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) dan SKB.

Disampaikan, sesuai panduan yang ada, proses integrasi nilai SKD dan SKB oleh Panselnas paling cepat tujuh hari setelah hasil SKB diterima.

Baca juga: Kemenkumham Angkat 1.985 CPNS Rekrutmen Tahun 2018

Kemenag juga akan melakukan validasi dan verifikasi terhadap hasil integrasi tersebut agar tidak terdapat kekeliruan di dalamnya.

Setelah dilakukan validasi dan verifikasi, kepala BKN akan memberikan persetujuan hasil akhir atau digital signature.

"Hasil akhir yang sudah mendapat digital signature dari BKN itulah yang nantinya akan diumumkan oleh Kementerian Agama sebagai peserta yang lulus seleksi CPNS," ujar M Nur Kholis.

Seiring dengan pengumuman tersebut, peserta yang lolos akan segera melakukan pemberkasan.

M Nur Kholis mengatakan, pemberkasan yang dikirim ke Kemenag ini akan disampaikan kepada BKN untuk pengajuan usul penetapan Nomor Induk Kepegawaian (NIP).

"Usul penetapan NIP dari Kemenag ke BKN diperkirakan akan mulai dilakukan pada 1 Februari 2019," ucap dia.

Sebagai tambahan informasi, Kemenag menjadi salah satu instansi dengan jumlah formasi terbanyak pada seleksi CPNS 2018, yaitu 17.175 formasi, terdiri dari 1.255 jabatan.

Banyaknya peserta CPNS Kemenag yang mengikuti seleksi SKB adalah 30.742 orang, tersebar di 128 satuan kerja.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X