INFOGRAFIK: Wacana Hukuman Mati dalam Korupsi di Proyek Bencana

Kompas.com - 03/01/2019, 14:32 WIB
Wacana Hukuman Mati Korupsi Proyek Bencana KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoWacana Hukuman Mati Korupsi Proyek Bencana

KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi sedang mempelajari penerapan hukuman mati terhadap tersangka kasus dugaan suap sejumlah proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun anggaran 2017-2018 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pertimbangan mati dilakukan KPK sebab proyek penyediaan air minum itu terjadi di daerah bencana, yaitu Kabupaten Donggala, Sulawesi Tenggah. Donggala merupakan salah satu wilayah yang luluh lantak akibat gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

Berdasarkan Undang-Undang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi, yaitu dalam Pasal 2, memang terdapat aturan hukuman mati untuk pelaku korupsi di wilayah bencana.

Meski begitu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyatakan bahwa KPK masih mengkaji apakah Pasal 2 dalam UU Tipikor itu dapat diterapkan hukuman mati dalam kasus ini.

Seperti apa wacana ini berjalan? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Wacana Hukuman Mati Korupsi Proyek Bencana

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X