Komunitas Golf Sumbang Dana Kampanye Rp 37,9 Miliar untuk Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 03/01/2019, 12:01 WIB
Bendahara TKN Wahyu Sakti Trenggono dan Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (2/1/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaBendahara TKN Wahyu Sakti Trenggono dan Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah kelompok pecinta olahraga golf bernama Golfer TRG dan Golfer TBIG menyumbang dana kampanye sebesar Rp 37,9 miliar untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sumbangan tersebut diberikan dalam bentuk barang dan jasa. Sebesar Rp 6,7 miliar khusus untuk barang, dan sebanyak Rp 31,2 miliar dalam bentuk jasa.

"Sumbangan kelompok dari pecinta olahraga, pecinta golf," kata Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Wahyu Sakti Trenggono, di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Baca juga: Ini Daftar Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Parpol per Januari, Perindo Terbesar

Sumbangan dari kelompok tersebut termasuk yang paling besar di antara seluruh sumbangan dana kampanye yang masuk ke rekening TKN hingga 1 Januari 2019.

Dari total Rp 44,8 miliar sumbangan dana kampanye untuk Jokowi-Ma'ruf, sebesar Rp 3,9 miliar merupakan sumbangan dari badan usaha non-pemerintah, yaitu PT Lintas Teknologi Indonesia. Seluruhnya dalam bentuk uang tunai.

Sumbangan dari partai politik, Nasdem dan Perindo sebesar Rp 2,1 miliar dalam bentuk barang dan jasa. Sedangkan sumbangan perorangan senilai Rp 121 juta.

Terakhir, dana senilai Rp 32 juta bersumber dari paslon.

Baca juga: Per Januari, Dana Kampanye Jokowi-Maruf Amin Capai Rp 55,9 Miliar

Meski demikian, Trenggono menjelaskan, dana dari paslon itu sejatinya bukan dikeluarkan oleh Jokowi maupun Ma'ruf, melainkan dari bunga bank dana awal kampanye TKN yang berjumlah Rp 11,9 miliar.

Tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, telah menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (2/1/2019).

Nilai penerimaan dana kampanye pasangan Jokowi-Ma'ruf hingga 1 Januari 2019 mencapai Rp 55,9 miliar.

Sebelum menyerahkan LPSDK, paslon nomor urut 01 itu juga sudah menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) pada 22 September 2018. Jumlahnya mencapai Rp 11,9 miliar.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X