Presiden Hibur Anak-anak Korban Tsunami dengan Kuis Nama-nama Ikan

Kompas.com - 02/01/2019, 20:52 WIB
Presiden Joko Widodo menjenguk pasien korban tsunami Selat Sunda di RSUD dr. H. Bob Bazar di Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019). Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo menjenguk pasien korban tsunami Selat Sunda di RSUD dr. H. Bob Bazar di Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).
Penulis Jessi Carina
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menjenguk korban tsunami Selat Sunda yang dirawat di RSUD dr. H. Bob Bazar di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Presiden tiba di RSUD pukul 12.45 WIB. Dalam kesempatan itu, Jokowi mendengarkan curahan hati korban, termasuk seorang ibu bernama Sarnama yang sedang dirawat bersama anaknya, Yudi, yang berumur 6 tahun.

Sarnama bercerita Yudi sempat menghilang setelah bencana tsunami terjadi. Yudi ditemukan keesokan harinya.

"Yudi ditemukan saat berpegangan pada kayu, dua saudaranya meninggal dunia, Ade Purnama 17 tahun dan Khalifah 1 tahun," ujar Sarnama, dikutip dari rilis pers biro pers Sekretariat Negara yang diterima Kompas.com.


Presiden Jokowi mendengarkan cerita Sarnama.

Setelah menjenguk korban yang dirawat, Presiden melanjutkan kunjungan kerjanya ke Lapangan Tenis Indoor Kalianda. Lokasi tersebut menjadi tempat pengungsian para korban.

Presiden sempat bertemu anak-anak pengungsi di lapangan tersebut.

Kepala Negara bermain bermain bersama anak-anak dengan mengajukan pertanyaan khasnya, seperti nama-nama ikan hingga buah-buahan.

Anak-anak serempak mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan Presiden.

Presiden juga berpesan agar anak-anak tetap rajin belajar. “Tetap belajar ya,” ujar Jokowi.

“Iyaaa,” jawab anak-anak.

Baca juga: Jokowi Akan Relokasi dan Rehabilitasi Daerah Terdampak Tsunami di Lampung Selatan dalam 3 Bulan

Sebelum ke rumah sakit dan tempat pengungsian, Presiden lebih dulu ke desa-desa yang terdampak tsunami.

Setelah berdialog dengan korban, Presiden menegaskan rumah baru untuk korban tsunami akan segera dibangun.

Namun pembangunannya akan digeser sekitar 400 meter dari lokasi rumah warga yang semula. Keinginan yang sama juga disampaikan warga ketika Jokowi mendatangi posko pengungsian di Lapangan Tenis Indoor Kalianda ini.

"Sudah tidak berani lagi di bibir pantai, semuanya," ujar Jokowi.

Kompas TV Usai mengunjungi warga korban gelombang tsunami, Presiden Joko Widodo memastikan akan membangun kembali rumah-rumah penduduk yang hancur akibat tsunami di Lampung Selatan.<br /> Pembangunan akan mempertimbangkan tata ruang baru. Dimana lokasi permukiman akan didirikan di area yang aman dari bencana, sehingga aman hingga puluhan tahun ke depan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X