KPU Akan Rampungkan Persiapan Debat Pilpres pada 28 Desember

Kompas.com - 26/12/2018, 20:21 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jumat (14/12/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jumat (14/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) menargetkan persiapan debat calon presiden dan wakil presiden 2019 rampung Jumat (28/12/2018). KPU, saat ini, sedang menyiapkan debat yang akan dimulai kurang dari satu bulan lagi. 

"Tanggal 28 (Desember 2018) kami akan rapat lagi, terakhir, untuk memutuskan beberapa hal, termasuk soal moderator," kata Ketua KPU Arief Budiman usai Pengundian dan Penetapan Penyiaran Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2019 di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Menurut Arief, berdasar hasil rapat terakhir yang digelar hari ini, ada sejumlah hal terkait debat yang belum disepakati oleh tim sukses kedua pasangan calon. Salah satunya adalah jadwal debat terakhir.

Baca juga: Ini Hasil Pengundian Media yang Siarkan Debat Pilpres 2019


KPU mengusulkan debat Pilpres terakhir digelar pada 13 April 2019 atau hari terakhir masa kampanye. Namun usulan itu ditolak kedua tim sukses yang beralasan agenda kampanye pasasangan calon akan sangat padat di hari terakhir kampanye.

Sementara ini, KPU baru menyepakati waktu debat hingga debat keempat. Debat pertama rencananya digelar pada 17 Januari 2019. Debat kedua 17 Februari, debat ketiga 17 Maret, dan keempat 30 Maret.

KPU juga masih belum menyepakati rencana sosialisasi visi-misi pasangan calon yang akan diselenggarakan sebelum debat.

Baca juga: KPU Akan Sosialisasikan Visi Misi Capres-Cawapres sebelum Debat

Menurut Komisioner KPU Wahyu Setiawan, sosialisasi visi-misi akan dilakukan pada 9 Januari 2019. Namun, hingga kini teknis pelaksanaannya masih harus dibicarakan lebih lanjut.

"Kegiatan tanggal 9 itu bukan debat, karena debat dilaksanakan oleh pasangan calon. Sementara (tanggal) 9 sosialisasi visi misi program akan dipaparkan tim kampanye nasional," ujar Wahyu.

Pada rapat yang akan digelar 28 Desember, KPU juga akan membahas nama-nama moderator debat.

Saat ini, baik KPU maupun tim sukses kedua pasangan calon sudah mengusulkan nama-nama moderator. Tetapi, nama tersebut masih dalam pertimbangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X