Mendagri Targetkan Seluruh E-KTP Invalid Musnah Sebelum Tahun Baru

Kompas.com - 26/12/2018, 15:59 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor BPSDM Kemendagri, Senin (26/11/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor BPSDM Kemendagri, Senin (26/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan semua e-KTP yang rusak atau invalid harus dimusnahkan akhir tahun 2018 atau sebelum tahun baru.

Hal itu bertujuan agar tidak ada lagi peristiwa tercecernya maupun penjualan e-KTP palsu.

"Paling lambat akhir tahun harus dibakar habis. Besoknya, satu KTP rusak pun langsung harus dibakar supaya tidak ada oknum yang mencecerkan KTP," kata Tjahjo saat menghadiri jumpa pers terkait laporan akhir tahun 2018 di kantor Kemendagri, Rabu (26/12/2018).

Baca juga: Kemendagri Musnahkan 1.378.146 E-KTP Rusak

Tak hanya itu, Tjahjo juga mengingatkan seluruh pejabat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk disiplin menjaga kerahasiaan informasi maupun sistem e-KTP.

"Kalau masih ada yang tercecer, Dukcapilnya diberhentikan dengan tidak hormat. Saya berhak memecat Dukcapil yang sengaja atau tidak sengaja membocorkan rahasia negara," ungkapnya.

Sebelumnya, Kemendagri sudah melakukan pemusnahan sejumlah 1.378.146 keping e-KTP yang rusak atau invalid dengan cara dibakar.

Baca juga: Tinta Habis Jadi Kendala Pembuatan E-KTP, Ini Kata Disdukcapil Depok

Pemusnahan sejumlah 1.378.146 keping KTP- el yang rusak atau invalid berasal dari seluruh Indonesia yang dikirim dari daerah tahun 2011- 2018. Pemusnahan dengan cara dibakar tersebut sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baru.

"e-KTP dan blanko yang rusak atau invalid ini merupakan kumpulan dari tahun 2011 sampai dengan Tahun 2018. Inilah pemusnahan masal yang kita lakukan secara terbuka dan dilakukan dengan cara dibakar," tutur Tjahjo.

Kompas TV KTP elektronik yang dimusnahkan mempunyai kondisi yang rusak ataupun perubahan status pemilik. Kebanyakan KTP yang dimusnahkan diterbitkan dari tahun 2015 hingga desember 2018. Sebanyak 34.301 keping blangko KTP elektronik dimusnahkan dengan cara dibakar. Pemusnahan KTP elektronik berdasarkan surat edaran menteri dalam negeri.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X