Ingin Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami? 3 Lembaga Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 25/12/2018, 17:13 WIB
NU Care memberikan donasi kepada warga yang terdampak tsunami Banten-Lampung.NU Care NU Care memberikan donasi kepada warga yang terdampak tsunami Banten-Lampung.

KOMPAS.com - Belum lama ini Indonesia kembali berduka karena tsunami Selat Sunda yang menimbulkan bencana di Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018).

Berbondong-bondong masyarakat ikut membantu meringankan beban para korban tsunami di Banten dan Lampung.

Bagi Anda yang ingin menyalurkan donasi, Kompas.com telah mengkonfirmasi sejumlah lembaga yang membuka rekening bantuan.

Berikut tiga lembaga yang menggalang dana dan bantuan, yang telah dikonfirmasi:

Palang Merah Indonesia

Donasi dari PMI Mandalawangi untuk korban terdampak tsunami Banten-LampungInstagram: PMI Mandalawangi Donasi dari PMI Mandalawangi untuk korban terdampak tsunami Banten-Lampung

Palang Merah Indonesia di Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten mengadakan penggalangan dana untuk korban tsunami di Banten dan Lampung.

Salah satu Anggota PMI Mandalawangi, Sahroman mengatakan, rencananya donasi yang terkumpul dari PMI Mandalawangi akan disalurkan ke lima daerah.

"PMI Mandalawangi nantinya akan menyampaikan donasi yang dikumpulkan masyarakat menuju posko Desa Sumur, Desa Cigeulis, Desa Panimbang, Desa Carita, dan Desa Pulo Sari," ujar Sahroman saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (25/12/2018).

Baca juga: PMI Sediakan Situs Bantu Cari Korban Tsunami yang Hilang, Ini Caranya

Melalui penggalangan dana yang disebarkan salah satu anggota PMI Mandalawangi di media sosial, bantuan PMI pun disambut baik oleh para donatur.

"Kami menerima apa saja yang disumbangkan masyarakat sesuai kemampuan. Alhamdulillah terkumpul pakaian bekas yang layak pakai, hampir seluruh desa dan kecamatan ikut berpartisipasi," ujar Sahroman.

Hingga saat ini, pihak PMI Mandalawangi masih menerima bantuan berupa uang tunai melalui rekening BRI 008401008485535 atas nama Sri Haryati.

Sahroman mengungkapkan, bantuan yang telah tersalurkan langsung dibawa ke lokasi bersama pemerintah desa dan organisasi desa lainnya.

NU Care

Ada juga penggalangan dana yang dilakukan oleh lembaga NU Peduli. Adapun pihak NU Care mengampanyekan mengenai bantuan donasi yang ia lakukan ke media sosial Twitter NU Care, @nucare_lazisnu.

Rencananya, donasi ini akan ditujukan ke korban bencana yang ada di posko Banten dan Lampung yang dikoordinasikan dengan pengurus wilayah atau pengurus cabang di lokasi terdampak bencana.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X