Tsunami Banten, Kemensos Sediakan 6 Dapur Umum dan Bantuan Psikososial

Kompas.com - 24/12/2018, 10:15 WIB
Sejumlah warga yang selamat akibat gelombang tsunami yang melanda pantai carita mengungsi di salah satu Masjid Kampung Tenjolahang Timur, Caringin Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018). Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) data terkini korban hingga pukul 16.00 WIB, yaitu 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang belum ditemukan.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah warga yang selamat akibat gelombang tsunami yang melanda pantai carita mengungsi di salah satu Masjid Kampung Tenjolahang Timur, Caringin Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018). Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) data terkini korban hingga pukul 16.00 WIB, yaitu 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang belum ditemukan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sosial ( Kemensos) RI menyiapkan dapur umum dan layanan dukungan psikososial (LDP) untuk Provinsi Banten dan Lampung yang terkena dampak bencana tsunami di Selat Sunda.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kemensos, Senin (24/12/2018) hingga pukul 08.10 WIB yang diterima Kompas.com, dapur umum yang ada di Provinsi Banten, yaitu di lapangan futsal kantor Kecamatan Labuan, Cinangka di depan kantor Koramil, kantor Kecamatan Ciangsana, sekitar hotel Wiracarita, kantor Kecamatan Sumur, dan Tanjung Lesung.

"Di setiap titik ada tiga layanan Kemensos, yaitu dapur umum, LDP, dan tenda darurat untuk pengungsi," kata Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang, dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Baca juga: Bertolak ke Banten, Jokowi Tinjau Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda

Dapur umum tersebut kemudian di antaranya akan mendistribusikan 400 paket makanan siap saji, 500 paket lauk pauk, 100 paket makanan khusus anak-anak, 2.500 bungkus mie instan, cadangan beras pemerintah sebanyak 100 ton, dan jenis kebutuhan lainnya.

Lebih jauh, ungkap Agus, daput umum tersebut dikelola oleh tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Dinas Sosial setempat.

Adapun LDP di Banten terletak di lapangan futsal kantor Kecamatan Labuan.

"Tim LDP akan bertugas melakukan assessment pada korban bencana yang ada di tenda-tenda pengungsian," lanjut Agus.

Baca juga: BNPB: Sebagian Korban Tsunami Banten Wisatawan yang Sedang Liburan

Sementara itu, untuk Provinsi Lampung, Kemensos juga membuka masing-masing dua dapur umun dan LDP. Kedua jenis bantuan tersebut terletak di kantor Kominfo dan gubernur.

Hingga saat ini, kata Agus, jumlah pengungsi di pelataran gedung parkir Kominfo Lampung telah mencapai 5.000 orang.

"Lansia, anak-anak, ibu hamil, penyandang disabilitas, ibu dengan bayi atau balita menjadi prioritas penanganan karena mereka merupakan kelompok rentan," ucapnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X