Kompas.com - 23/12/2018, 12:58 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo, Minggu (23/12/2018) pagi, telah memerintahkan sejumlah menteri dan pimpinan lembaga meninjau langsung wilayah terdampak bencana tsunami di Banten dan Lampung.

“Tadi pagi sudah saya perintahkan Kepala BNPB, Mensos, Panglima, ke semua untuk bergerak di lapangan,” ujar Jokowi di sela kunjungan kerja di Tana Toraja, Sulawesi Tengah, Minggu pagi.

Baca juga: Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Musibah Tsunami di Banten dan Lampung

Sejak Minggu dini hari, Presiden mengaku, sudah mendapatkan laporan soal jumlah korban, baik yang meninggal dunia, maupun yang luka-luka.

“Terakhir tadi saya mendapatkan laporan berapa yang meninggal karena tsunami ini. Tetapi memang datanya masih dalam proses berkembang,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi telah meminta kementerian dan lembaga terkait untuk melaporkan perkembangan mengenai korban dan kondisi kerusakan materi kepada dirinya secara berkala.

Baca juga: Beredar Kabar Tsunami Lanjutan di Banten, Ini Klarifikasi BNPB

Ia berharap kementerian serta lembaga terkait bekerja cepat dan sigap di dalam mengembalikan kondisi area terdampak bencana seperti sedia kala.

“Intinya, kita ingin agar tanggap darurat ini dikerjakan di lapangan dengan cepat dan sebaik-baiknya,” ujar Jokowi.

Kompas TV Camat Carita, Suntama mengatakan proses evakuasi terus dilakukan sejak tadi malam, terutama mengevakuasi warga dan wisatawan yang menginap di penginpan di sekitar pantai. Kendalanyanya tidak adanya alat berat menyusahkan proses evakuasi terutama pada bangunan di pinggir pantai. Cuaca hujan sejak malam juga memperlambat proses evakuasi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.