Kompas.com - 21/12/2018, 14:51 WIB
Penulis Devina Halim
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai, Partai Golkar beruntung bisa memiliki mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai kader.

Menurut dia, TGB dapat mendatangkan suara bagi Golkar dalam pemilihan umum 2019, khususnya di wilayah NTB.

"Kalau dalam konteks personalnya, iya. Golkar beruntung (TGB) bisa memperkuat suara Golkar di NTB," ujar Ray saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/12/2018).

Baca juga: TGB: Golkar Partai Tengah yang Penting bagi Indonesia

TGB, dalam pandangan Ray, merupakan seorang tokoh yang berpengaruh. Oleh karena itu, daya jual dalam konteks elektoral terletak pada diri TGB.

Dengan begitu, ke partai manapun TGB melabuhkan pilihannya, suara pendukungnya atau pemilihnya akan mengikuti.

Ray menilai, tak heran jika kemudian TGB diperebutkan oleh partai lain, seperti Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Alasan Golkar Langsung Beri Dua Jabatan ke TGB

Tak hanya keuntungan elektoral dalam jangka pendek, TGB dinilainya juga dapat menguntungkan secara jangka panjang karena dapat membentuk basis suara di NTB.

"Beliau ini (karena) ketokohannya dan bisa mendatangkan suara, jadi bisa dipahami partai-partai ini seperti rebutan untuk mendapatkan figur TGB," jelas Ray.

"Baik jangka pendek maupun jangka panjang, sangat menguntungkan. Jangka pendek ini, ya pileg dan pilpres 2019. Jangka panjangnya basis di NTB," sambung dia.

Sebelumnya, TGB resmi diperkenalkan sebagai kader Partai Golkar dalam forum silaturahim, Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Baca juga: Loncat Politik TGB, dari Bulan Bintang, Mercy, hingga Beringin...

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.