KPU Usulkan 14 Tema Debat Capres, dari Ekonomi hingga HAM

Kompas.com - 19/12/2018, 12:39 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jumat (14/12/2018). KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jumat (14/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) mengusulkan 14 tema debat Pilpres 2019. Tema debat yang diusulkan itu antara lain, isu ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, HAM, lingkungan hidup, hingga pendidikan.

Usulan tema debat tersebut masih akan dibahas bersama tim kampanye pasangan calon, dalam Rapat Persiapan Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Pemilu 2019 yang digelar hari ini.

"KPU sudah mengusulkan 14 tema (debat) tapi masing-masing (tim kampanye pasangan calon) bisa mengusulkan," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

Sejumlah tema debat tersebut nantinya akan dijabarkan ke dalam materi debat Pilpres.

Rencananya, debat capres dan cawapres diselenggarakan lima kali. Debat pertama akan digelar 17 Januari 2019, menyusul debat kedua 17 Febuari, lalu ketiga 17 Maret, keempat 30 Maret, dan terakhir 13 April.

"Polanya ada (debat) capres-capres, cawapres-cawapres, pasangan-pasangan (capres-cawapres), terus sampai lima kali. Pokoknya hari ini kita bahas, semua nanti diputuskan," tandas Arief.

Baca juga: KPU Gelar Rapat Persiapan Debat Pilpres Bersama Tim Kampanye

Selain Ketua KPU Arief Budiman, hadir dalam rapat tersebut Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima.

Hadir pula Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso, serta Direktur Relawan BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X